Kasus plagiatisme yang lagi ramai dibicarakan akhir2 ini, mendatangkan ide saya untuk menulis.

Saya tidak akan membahas perihal Profesor muda sekaligus plagiator, atau sejumlah guru di Riau yang terancam dicabut sertifikasinya karena melakukan plagiat.

Mari kita telaah bersama betapa pentingnya tulisan yang orisinil. Tulisan yang dituangkan dari pemikiran, perasaan, pengetahuan dan pengalaman, dan lain sebagainya. Bukan sekedar copypaste tulisan orang lain.

Logika sederhananya begini, jika kita sering membajak tulisan orang lain, bagaimana suatu waktu tulisan kita di bajak orang lain? Karma masih berlaku lho, huehehe.

Menurut saya setiap orang memiliki keunikan, ciri khas dan karakter masing2. Begitu pula dalam hal pemikiran, perasaan, cara pandang terhadap suatu peristiwa. Misalnya ada peristiwa kebakaran. Jika kita minta 10 saksi untuk bercerita/menuliskan kejadian tersebut, antara satu dan lainnya tentulah berbeda versi. Walaupun 10 orang melihat kebakaran di lokasi yang sama tetapi cara penyampaiannya bisa saja berbeda. Tergantung sudut pandang mereka melihat kebakaran. Ada yang hanya sekedar menonton kobaran api yang meluap2, ada yang membantu memadamkan api atau bahkan sibuk membantu mengeluarkan barang2 korban yang bisa diselamatkan, dan sebagainya.

Cara penyampaian/penulisan itu yang penting sebagai orisinalitas tulisan kita. Masa’ titik koma dan kalimat sama persis antara satu orang dan lainnya. Kadang anak kembar aja punya pemikiran dan cara penyampaian yang berbeda kok. Bukankah gaya tulisan kita itu bisa mencerminkan karakter penulisnya. Benar ndak sih??? Huehehe…

Saya bukanlah penulis handal, bahkan belum pernah menerbitkan buku. Tetapi saya mencoba untuk menghargai tulisan orang lain dengan menyertakan link sumbernya. Saya akan tetap percaya diri dengan gaya saya menulis/bercerita. Sudah membiasakan diri dengan segala macam komentar yang diberikan orang lain setelah membaca tulisan saya. Prinsipnya sederhana saja, berbagi pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan agar para pembaca bisa mendapatkan manfaat positif.

Bagi yang ingin melakukan copy-paste tulisan saya di blog ini silahkan saja asalkan mencantumkan url blog sebagai sumbernya. Tidak perlu ijin kepada saya karena hak cipta itu hanya milik ALLAH SWT.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

Advertisements