Posted in PembaTIK 2021

Laporan Sosialisasi Portal Rumah Belajar

sosialisasi portal rumah belajar

Keseruan mengikuti pembaTIK Level 4 semakin terasa dengan berbagi dan berkolaborasi.

sosialisasi fitur rumah belajar ke peserta didik

Pertama kali, sasaran peserta didik yang menjadi tujuan sosialisasi. Tepatnya kelas X MIPA 1-2 pada tanggal 27 Oktober 2021 secara tatap muka terbatas di SMAN 2 Pontianak. Dilakukan dua kali karena jumlah peserta didik yang hadir setiap sesi sekitar 15 orang. Alhamdulillah pada sosialisasi pertama ini ada 30 peserta didik yang menerima penjelasan fitur rumah belajar dan membuat akun pada rumah belajar.

Lanjut berbagi yang kedua secara tatap maya melalui aplikasi Google Meet. Berkolaborasi dengan Ibu Syf. Elly Daryati, guru Kimia SMAN 2 Pontianak. Dihadiri 47 peserta dari berbagai jenjang dan dari luar Kota Pontianak bahkan ada dari luar provinsi Kalimantan Barat. Pembelajaran andragogi perlu diperdalam untuk memahami obrolan manis bersama pendidik. Beda dengan situasi saat sosialisasi bersama peserta didik. Berbagi kedua ini saya beri nama BRONIS SMANDA (oborlan manis SMAN 2 Pontianak) yang berjudul Membuat RPP 1 Lembar dengan Google Docs dan Tautan Rumbel.

Berbagi dan berkolaboarsi ketiga dimoderatori oleh Bapak Suharno, S.Kom selaku ketua MGMP TIK Kota Pontianak. KobdarTIK merupakan nama kegiatannya yang berarti Kita Ngobrol Daring TIK berjudul Media Pembelajaran dengan Google Sites dan Tautan Rumbel. Masih tatap maya dengan aplikasi Google Meet. Alhamdulillah dihadiri 27 peserta guru dari berbagai sekolah pada tanggal 2 November 2021.

Berbagi berkolaborasi keempat dilakukan secara tatap muka bersama guru-guru SMAN 2 Pontianak pada hari Sabtu, tanggal 6 November 2021.

Semangat 29 orang ibu/bapak guru dalam belajar tidak terhalangi usia, walau ada beberapa yang memasuki masa purna tugas. Doorprize berupa stiker dan masker disediakan untuk apresiasi hasil karya kreasi peserta dalam membuat RPP 1 Lembar dengan tautan portal rumah belajar dan menginstal aplikasi rumah belajar di smartphone masing-masing.

Webniar series 5 kolaborasi SRB Kalbar 2021

Mendadak 3 jam sebelum tayang, saya dihubungi rekan SRB Kalbar 2021 untuk mengisi narasumber webinar series 5 SRB Kalbar 2021, dikarenakan ada rekan SRB lain yang berhalangan sebab kondisi sinyal internet. Alhamdulillah saya berkolaborasi bersama Pak Elias, Bu Ary dan Bu Renilda Aphua, dihadiri 66 peserta.

Berikut ini tautan rekap daftar hadir sosialisasi berbagi dan berkolaborasi yang telah saya lakukan.

Semoga berbagi dan berkolaborasi yang telah saya lakukan bisa bermanfaat.

Leave a comment