Tutor Sebaya

Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam (internal) maupun faktor dari luar (eksternal). Menurut Suryabrata (1982: 27) yang termasuk faktor internal adalah faktor fisiologis dan psikologis (misalnya kecerdasan motivasi berprestasi dan kemampuan kognitif), sedangkan yang termasuk faktor eksternal adalah faktor lingkungan dan instrumental (misalnya guru, kurikulum, dan model pembelajaran). Bloom (1982: 11) mengemukakan tiga faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu kemampuan kognitif, motivasi berprestasi dan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran adalah kualitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan dan ini menyangkut model pembelajaran yang digunakan.

Sering ditemukan di lapangan bahwa guru menguasai materi suatu subjek dengan baik tetapi tidak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Hal itu terjadi karena kegiatan tersebut tidak didasarkan pada model pembelajaran tertentu sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Timbul pertanyaan apakah mungkin dikembangkan suatu model pembelajaran yang sederhana, sistematik, bermakna dan dapat digunakan oleh para guru sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga dapat membantu meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar.

Akhir-akhir ini makin banyak perhatian terhadap pengajaran tutor sebaya yang pada dasarnya sama dengan program bimbingan, yang bertujuan memberikan bantuan dari dan kepada siswa dapat mencapai prestasi belajar secara optimal.

Pengajaran tutor sebaya ini dapat dipandang sebagai reaksi terhadap pengajaran klasikal dengan kelas yang terlampau besar dan padat sehingga guru atau tenaga pengajar tak dapat memberikan bantuan individual, bahkan sering tidak mengenal para pelajar seorang demi seorang. Selain itu para pendidik mengetahui bahwa para siswa menunjukkan perbedaan dalam cara-cara belajar. Pengajaran klasikal yang menggunakan proses belajar-mengajar yang sama bagi semua siswa tidak akan sesuai bagi kebutuhan dan kepribadian setiap siswa. Maka karena itu perlu dicari sistem pengajaran yang membuka kemungkinan memberikan pengajaran bagi sejumlah besar siswa dan di samping itu memberi kesempatan bagi pengajaran tutor sebaya.

Kelebihan tutor sebaya dalam pendidikan yaitu dalam penerapan tutor sebaya, anak-anak diajar untuk mandiri, dewasa dan punya rasa setia kawan yang tinggi. Artinya dalam penerapan tutor sebaya itu, anak yang dianggap pintar bisa mengajari atau menjadi tutor temannya yang kurang pandai atau ketinggalan. Di sini peran guru hanya sebagai fasilitator atau pembimbing saja.

Jadi, kita dapat menugaskan siswa pandai untuk memberikan penjelasan kepada siswa kurang pandai (tutor sebaya). Demikian juga, anjurkan siswa kurang pandai untuk bertanya kepada atau meminta penjelasan dari siswa pandai terlebih dahulu sebelum kepada gurunya. Hal ini untuk menanamkan kesan bahwa belajar itu bisa dari siapa saja, tidak selalu dari guru yang akibatnya tergantung kepada guru.

Tutor dikatakan berhasil jika dapat menjelaskan dan yang dijelaskan dapat membuktikan bahwa dia telah mengerti atau memahami dengan cara hasil pekerjaannya.

Advertisements

26 thoughts on “Tutor Sebaya

  1. 😆
    Tutor dikatakan berhasil jika dapat menjelaskan dan yang dijelaskan dapat membuktikan bahwa dia telah mengerti atau memahami dengan cara hasil pekerjaannya.
    ❗

  2. #mBarep
    hmm..justru Tutor Senior malah nambah kerjanya utk melatih siswa yg jadi Tutor Sebaya 😀 iya, Tutor Senior ngisi blog terus coz gak ada siswa private jadi utk sementara free :))

    #Persiapan

    🙂

  3. Bgmana pelaksanaan tutor sebaya?

    pelaksanaannya guru dpt membagi kelompok dan di setiap kelompok ditunjuk satu tutor sebaya. sebelumnya pastikan tutor sebaya tsb sudah memahami materi yg akan disampaikan sehingga ia dapat mengajari tmn2nya

  4. wah… mana bisa wong di ajar sama gurunya aja belum bisa maksimal apalagi sama temanya. tuh model pembelajaran cocoknya di Philipina. oke buat inovasi pbm yang baru ya!

    wekekeke…boleh mas, tolong diterapin di Philipina 😀

  5. anak2 mlah senang belajar dg temannya, karena sang tutor mengajar dg bahasa mereka yang mudah dimengerti dan anak2 yang tadinya malu bertanya dg gurunya mereka jd tidak malu lagi……

  6. Saat saya kelas 5 SD guru saya pernah menggunakan metode ini. Hasilnya : belajar jadi menyenangkan, gak canggung & kita jadi termotivasi

    Iya, pak. Dengan teman2 malah lebih enak belajarnya 😉

  7. kalo boleh tau bagaimana tata pelaksanaan tutor sebaya dan diambil dari buku mana? atau referensinya dari mana?
    terimakasih

  8. mbak, saya lagi butuh banyak literatur mengenai penerapan tutor sebaya ni ! buat penelitian.harap dibantu ya mbak.tanks!

    ntar mbak kirim ke email utk lebih jelasnye. semoga bisa membantu 🙂

  9. model tutor sebaya kayaknya bagus juga untuk dipake pada PTS

    =======
    ya bisa juga utk PTS tp saya blm pernah meneliti hasilnya 😀

  10. Iya lah pak, help me….aq butuh referensi tentang tutor sebaya…..yg tanya apakah tutor sebaya ini dpat dikembangkan/dipakai dibidang lain selain di pendidikan atau KBM????please…cepatnya jwbnya hehehhe

  11. wah…ini sangat membantu dalam penyusunan skripsi…tapi yang pengen saya tw apakah terjadi respon postif..dan bagaimana hasil positifnya

  12. info ini bisa membantu saya dalam penelitian saya. tolong dong saya diberi referensi buku metode ini untuk menunjang penelitian saya. makasih

  13. Metode ini sangat efektif buat bantu siswa yang agak ‘slow’. Sejak di SMP, 27 tahun yang lalu saya sudah mempraktekkan. Sekarang tak terapkan buat muridku, jozzzzz lo. Mohon di email literaturnya dong, bu. Thanks banget

  14. buu
    sekrg ge nyusun ne ttg tutor sebaya
    mhn dikirim literaturnya dong bu, via email aja
    trus juga ttg referensi bukuna darimana??
    sudah saya cari2 tp ga ketemu
    makasih………..

  15. bu….please help me.. dosen saya menannyakan SOP dalam tutor sebaya…bisa bantu bagaimana caranya……klau bisa yg lengkap mohon dikirim email saya…..nuhun pisan…cepat dibalas ya bu…waktunya yg diberikan dosen hanya dikit….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s