k@Borneo meeting di Pontianak

k@borneo merupakan kerjasama regional pustakawan2 di seluruh Pulau BorneoPulau Borneo terdiri dari 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei. Pulau Borneo kaya akan flora&fauna, budaya yang multi etnis, letaknya strategis di tengah-tengah Asia Tenggara.

Selama ini identifikasi, serta dokumentasi budaya tentang Borneo (Kalimantan) dilakukan secara parsial oleh masing-masing negara/lembaga. Melalui k@Borneo, diupayakan untuk mengidentifikasi, memperoleh, memelihara, dan mendistribusikan berbagai jenis sumber2 informasi, terutama tentang Borneo serta melakukan digitalisasi secara selektif bahan-bahan yang berkaitan dengan Kalimantan (Borneo).

Dengan adanya k@Borneo dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk mengakses informasi tentang Borneo melalui portal k@Borneo. Anggota dari organisasi k@Borneo adalah :

1. Yayasan Sabah Group (Tun Hj. Mohd Fuad Stephens Borneo Research Library dan ICT Unit), Malaysia

2. Pustaka Negeri Sarawak, Malaysia

3. Sabah Foundation Library, Malaysia

4. Sabah State Library, Malaysia

5. Tun Jugah Foundation (Library dan Museum), Malaysia

6. Universiti Brunei Darussalam (UBD), Brunei Darussalam

7. Universiti Malaysia Sabah (UMS), Malaysia

8. Universiti Malaysia Sarawak (Center for Academic Information Services – (CAIS)

9. Universitas Tanjungpura (UNTAN), Pontianak (Indonesia)

Meeting yang dilakukan para anggota k@Borneo kali ini (21-25 Februari 2010) berada di Kota Pontianak (Kalimantan Barat), dengan mengundang seluruh anggota dan 3 provinsi Kalimantan lainnya (Kalteng, Kaltim, Kalsel) sebagai perkenalan terhadap organisasi k@Borneo. k@Borneo mengharapkan kedepannya, 3 provinsi lainnya yang ada di Kalimantan termasuk Perguruan Tinggi Negeri yang ada di 3 provinsi tersebut dapat ikut bergabung dalam organisasi k@Borneo.

Portal k@Borneo yaitu portal informasi tentang perpustakaan daerah Pulau Kalimantan akan diluncurkan di Sabah, Malaysia, 6 April 2010 mendatang. Portal k@Borneo nantinya berisi berbagai informasi dari anggotanya, mulai dari seni budaya, adat, dan berbagai ilmu pengetahuan. Hal tersebut menjadikan portal k@Borneo sebagai perpustakaan online untuk pusat informasi sesama rumpun Kalimantan (Borneo) agar tercipta perpustakaan yang berdaya saing serta bermanfaat bagi kemajuan ilmu dan teknologi.

Semoga bermanfaat🙂

Bahan Bacaan :

  1. http://regional.kompas.com/read/2010/02/22/12135189/Portal.k.Borneo.Diluncurkan.di.Sabah..Malaysia
  2. http://lib.ysnet.org.my:8000/kborneo/Welcome_to_k_Borneo_home_page.html
  3. http://www.ipi-kalbar.co.cc/2010/02/kborneo-mengembangkan-kerjasama-regional-dan-berbagi-informasi-tentang-kalimantan/

43 thoughts on “k@Borneo meeting di Pontianak

  1. memang sudah saat nya borneo harus bersatu, karena dari segi geografis kita di pulau yang sama… yg jadi masalah skrg apakah kerjasama ini juga disambut baik oleh warga2nya…
    Cekidot ke blog gw ta…

  2. Wilayah Kalimantan Indonesia paling luas/besar, tapi kok anggotanya cuma satu aja sih?? Gimana nih?? Ayo dong, seluruh universitas di Kalimantan ikut gabung dong, biar jumlah entitas Indonesia yang bergabung paling banyak!!

    Btw… kalo “The Orangutan Foundation Borneo” mau gabung, boleh nggak ya??:mrgreen:

    • Insya Allah, seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Kalimantan ikut serta. Selain itu semoga saja ada dukungan juga dari Badan Perpustakaan atau Musium setempat🙂
      Btw, ntar dimusyawarahkan dulu dengan komunitas orangutan lainnya😆

    • Untuk makluman Yari, takat ini sudah dua anggota dari Kalimantan Barat dalam k@Borneo. Sewaktu rapat/meeting di Untan, universitas dari Timur & selatan juga sudah menyatakan kesediaan. Justeru, pada bulan December nanti, pasukan k@Borneo dijangka akan berkunjung ke KALTIM untuk bertemu dengan semua universitas/badan di kawasan berkenaan. Jadinya, anggota dari Kalimantan akan terus berkembang & bertambah. Salam dari Sabah.

  3. Salam untuk semua. Insyallah, jika tiada halangan, website k@Borneo akan di luncurkan pada bulan April, tanggal 6, 2010, di Kota Kinabalu Sabah. Dipersilakan melayari website berkenaan selepas majlis peluncuran. Komen atau idea creatif saudara-saudari semua sangat diperlukan bagi memperbaiki & pengembangan. Untuk makluman, k@Borneo meeting yang telah berlangsung di UNTAN dari 21-25 Februari 2010 sukses & ternyata UNTAN telah berjaya membawa universitas-universitas di Kalimantan untuk masuk ke dalam k@Borneo. Nah, sewaktu peluncuran pada bulan April nanti, adalah dijangka anggota-anggota baru ini akan menandatangani satu perjanjian di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, sebagai tanda perkongsian maklumat akan dijalinkan bersama.

    Rombongan dari Malaysia sangat bangga dan banyak berterima kasih kepada UNTAN dan juga rakyat serumpun di Kalimantan yang memberikan sambutan dan layanan luar biasa. Terima kasih & semoga dapat berjumpa lagi.

  4. Salam Satu Borneo. Update terbaru. Portal k@Borneo sudah di migrasikan dari demo kepada yang actualnya. Sila melayari terus http://www.kborneo.com. Selain UNTAN, ahli terbaru yang akan turut serta menandatangani MOC pada 6 April 2010 adalah Badan Perpustakaan, Kearsipan & Dokumentasi Kalimantan Barat (AKCAYA). Manakala dari Sarawak, Malaysia adalah Majlis Adat Istiadat Sarawak (MAIS) dibawah Jabatan Ketua Menteri Sarawak. Dari Sabah Malaysia, 2 organisasi iaitu Dewan Bahasa dan Pustaka (Sabah) dan juga Jabatan Musuem Negeri Sabah.

    Terima kasih & salam untuk semua.

  5. Salam utk semua. Maka portal k@Borneo sudah sukses diluncurkan dengan penuh gemilang tanggal 6 April 2010. Terima kasih kepada UNTAN dan Badan Kearsipan & Dokumentasi Provinci KALBAR yang datang begitu ramai & dengan sokongan padu. Sempena peluncuran, semua 13 institusi/badan information provider dari Kalimatan, Indonesia, Brunei & Malaysia telah menandatangani Memorandum Kolaborasi (MOC) bagi mempertingkatkan & memperkukuhkan lagi kerjasama dalam kerja-kerja pengumpulan bahan Borneo. Jadual seterusnya, dijangka pasukan k@Borneo akan datang ke Kalimantan Timur, menyambung usaha mengundang universitas atau information provider dari Timur, Utara & Selatan, Kalimantan untuk bersama dalam gabungan k@Borneo. Salam dari Kota Kinabalu, Sabah.

    • Selamat atas suksesnya peluncuran portal k@borneo di Sabah.
      Semoga MoC yang telah ditandatangani akan meningkatkan kerjasama semua pihak di Pulau Borneo.
      Ditunggu informasi dan kontribusi dari Kalimantan Timur, Utara & Selatan.
      Salam dari Pontianak.

  6. Salam untuk semua. Terbaru, sudah di confirm oleh KALTENG, makanya KALTENG akan tandatangani kolaborasi untuk masuk dalam k@Borneo bulan Mach 2012 dia KALTIM. Nah, KALTIM juga akan masuk dalam masa yang sama. Yuh, Semua dipersila ke KALTIM bulan Mac 2012. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s