Screenshot_2018-04-14-15-03-47-1

Alhamdulillah 2 hari telah menyelesaikan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Bisa dikatakan sukses walaupun ada kendala teknis tetapi bisa diselesaikan dengan baik.

Persiapan UNBK 2018 sudah dimulai sejak akhir tahun 2017 saat dilaksanakannya Simulasi 1.

Simulasi 1 kami masih menggunakan 1 ruang komputer dengan 40 unit gabungan komputer sekolah dan laptop guru. Sesi anak dibuat 3 tetapi mereka tidak penuh mengerjakan soal selama 2 jam karena bergantian denagn kelas lain. Disini Proktor dan teknisi utama memberikan penjelasan mengenai sistem menggunakan aplikasi Examclient yang dipakai UNBK nanti.

Simulasi 2 dibulan Februari 2018 mulai ada perbaikan yaitu menggunakan 2 ruang komputer, 1 ruang kelas yang dikondisikan menjadi ruang UNBK. Peserta didik kelas XII yang akan mengikuti UNBK meminjamkan laptopnya ke sekolah tetapi jumlahnya belum cukup. Sehingga 1 komputer/laptop digunakan 2 orang secara bergantian.

Simulasi ke 3 atau gladi bersih dibulan Maret 2018 jumlah laptop yang dipinjamkan peserta didik dan pendidik aemakin bertambah. Cukup untuk 3 ruang UNBK dalam 3 sesi. Hanya saja belum ada laptop dan server cadangan.

Tibalah saatnya tanggal 9 April 2018 UNBK dilaksanakan. H-3 para proktor dan teknisi mempersiapkan komputer, laptop, server, koneksi jaringan dan internet. Saling koordinasi dengan Helpdesk Provinsi Kalimantan Barat agar lancar selama pelaksanaan UNbK. Jumlah laptop cadangan tersedia di setiap ruang UNBK dan sekolah membeli 1 unit server sehingga kami ada server cadangan. Kipas angin di ruang kelas pun dipindah sementara ke 3 ruang UNBK agar ruangan tetap dingin hehehe.

Komputer/laptop client yang bluescreen atau kabel unplug atau loading soal yang lama masih bisa ditangani proktor dan teknisi. Pengawas pun membantu menenangkan peserta UNBK yang panik. Kerjasama yang baik untuk kelancaran UNBK.

Sempat panik dihari pertama sesi 1 karena loading upload data yang lama sementara sesi 2 hampir dimulai. Keesokan harinya cek ke web UNBK ada belasan peserta didik yang tidak terupload ke web. Padahal di server sudah tertulis berhasil upload. Tim helpdesk memberi informasi untuk upload ulang setelah selesai sesi 3 hari Kamis. VHD kami aman tidak ada yang rusak jadi hanya upload ulang jawaban peserta didik, tidak perlu upload file backup dot source.

Proktor standby memantau web UNBK dan helpdesk dikbudkalbar untuk melihat rekap laporan hasil upload data UNBK. Huruf “U” menjadi penting selama 3 hari terakhir hehehe.

Alhamdulillah semua peserta UNBK berhasil diupload. Proktor pun bisa tidur nyenyak hahaha…

Hari kamis jam 16.30 laptop yang dipinjamkan ke sekolah sudab bisa diambil oleh peserta didik dan pendidik.

Peserta didik ada yang mengeluhkan sulitnya soal UNBK. Pemerintah menggunakan soal hots jadi bagi peserta UNBK yang kurang memahaminya pasti akan kesulitan.
Kini tinggal menunggu hasil dari UNBK 2018.

Sampai ketemu di UNBK 2019.

Semoga bermanfaat šŸ™‚

Advertisements