Belajar aplikasi komputer bagi sebagian peserta didik dianggap lebih mudah jika praktik secara langsung. Begitupula dengan tes atau ulangan untuk menguji kemampuan peserta didik.
Keterampilan dan kemahiran menggunakan aplikasi komputer akan jelas dilihat hasilnya jika praktik dikomputer.
Bagaimana kalau tes atau ulangan secara tertulis?? Nah loh?!

Soal teori yang sering ditanyakan mengingat kembali atau hapalan berupa pengertian atau langkah penggunaan aplikasi komputer dan lainnya .

Kemalasan kid zaman now untuk membaca sederetan teks book atau tinggal foto lembaran buku yang disimpan ke galery handphone, memudahkan mereka untuk menjawab soal teori yang berupa hapalan. Belum lagi browser internet yang lancar memberi bantuan.

Untuk melatih dan mempersiapkan peserta didik yang siap berpikir kritis dan menghargai artinya proses belajar maka gunakanlah soal HOTS.

Jika ada yang nyontek dalam berbagai bentuk saat ulangan teori tetapi tidak pandai menganalisis soal maka akan sulit mencari jawabannya, hehehe.

Peserta didik belajar bukan sekedar mencari nilai dengan berbagai cara tetapi memahami dan menghargai proses belajar yang telah dilalui sehingga mendapat pengetahuan dan pengalaman yang bisa digunakan untuk masa depan.

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements