Mendidik agama kepada anak-anak perlu cara yang menarik agar mereka semakin tertarik mempelajari agama untuk landasan menjalani hidup. Tidak hanya belajar baca tulis dan hitung.

Minggu ini saya membacakan komik 4 Sifat Nabi. Sudah 2x saya mendongeng cerita tersebut. Komik 4 Sifat Nabi menceritakan 3 sekawan Amat, Anip dan Ara dalam meneladani 4 sifat nabi dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak suka dengan tampilan gambar di komik dan alur cerita yang mudah dipahami anak usia 5-7 tahun.

Mendongeng sangat bermanfaat bagi anak-anak. Saya membaca, anak-anak sambil melihat gambar yang ada. Saya pun belajar berbagai model suara untuk membuat suasana sesuai alur cerita tokoh yang ada dibuku. Selesai mendongeng, kami bahas lagi cerita yang didapat dari buku tersebut. Bercerita menurut bahasa masing-masing. Mengajarakn mereka berani berbicara. Di kehidupan sehari-hari yang mirip dengan cerita di buku, anak-anak bisa menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang didapat. Misalnya tentang kejujuran merupakan satu dari 4 Sifat Nabi.

Siap menabung agar bisa beli buku lainnya dan mendongeng.

Semoga bermanfaat 🙂

 

Advertisements