Saya meminta seluruh siswa di kelas yang ada jadwal saya mengajar untuk mengumpulkan 1 file lagu favorite mereka masing-masing.

Nantinya setiap ada jadwal pelajaran saya maka lagu tersebut akan diputar sebagai latar musik mendampingi mereka belajar.

Reaksi siswa sangat senang. Ada yang memilih lagu rock, lagu nasyid, lagu mancanegara, lagu yang sedagn hit di Indonesia, ada juga lagu jaman saya SMA dulu.

Pertemuan berikutnya sudah terkumpul 30-an file lagu disetiap kelasnya. Jumlah file tergantung banyaknya jumlah siswa dikelas tersebut.

Ketika lagu telah diputar setiap pertemuan, ada beberapa celetukan dari siswa :

1. Bu, lagunya jangan itu-itu saja dong.

2. Putar lagunya dari bawah, Bu jadi lagu saya bisa didengar sebelum pelajaran berakhir.

3. Bisa ganti lagu yang lain, Bu. Lagu ini terlalu keras jenis musiknya / Lagu ini terlalu menyentuh, bikin sedih.

4. Putar kan lagu saya lagi, Bu.

Itulah beberapa celetukan mereka.

Saya tidak pilih kasih dan hanya memutar lagu itu-itu saja karena saya setiap jam pelajaran di kelas tertentu, saya masukan folder lagu kelas dan klik salah satu lagu lalu lagu akan memutarkan secara acak. Jika ada 38 siswa pada satu kelas, satu lagu berdurasi 3 menit maka untuk 2 jam pelajaran (2×45 menit) akan ada lagu yang tidak terputarkan. Jadi saya ingat lagu apa saja yagn tidak sempat diputar maka pertemua berikutnya akan diputar. berbagai jenis musik yang menjadi favorit setiap siswa, tidak semua siswa bisa menerima perbedaan tersebut. Ada siswa yang hanya mau dengar musik sesuai seleranya saja. Saya tidak akan mengikuti keinginannya karena setiap siswa punya hak yang sama untuk mendengarkan lagu favorit masing-masing. bahkan ada yang lebih parah minta lagunya diputar lagi, hehehe…

Semoga cara ini bisa digunakan untuk membuat mereka senang belajar 🙂

Advertisements