Jadwal Membaca

Saya membuat jadwal membaca dirumah, yaitu setelah shalat magrib sampai adzan shalat isya.

Membaca apa saja, bisa Al Quran, Yasin, jika sedang berhalangan, saya membaca buku atau surat kabar atau membaca buku anak-anak sambil mengajari mereka cara membaca. Seperti waktu belajar bersama, jika anak-anak ingin belajar bernyanyi, menulis atau mewarnai maka saya bisa membaca buku atau mengaji tetapi sambil mengawasi mere. Ada juga saatnya saya membimbing mereka membaca huruf latin dan huruf Hijaiyah.

Memberikan contoh kepada anak-anak agar terbiasa membaca walaupun saat ini mereka belum pandai membaca.

Semakin banyak membaca, semakin menyadari bahwa pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki masih sedikit. Dengan membaca bisa lancar berbicara dengan sabar, tutur kata yang sopan dan baik. Tidak ada kata “aaa”, “uuu”, “eee” ketika memikirkan kata apa lagi yang akan diucapkan. Begitu pula dengan latihan menulis, semakin mudah memencet deretan huruf di keyboard.

Jadi selalu memberikan input membaca sebagai proses pendewasaan diri menambah pengetahuan dan pengalaman sehingga menghasilkan output dalam berbicara atau menulis.

Saya berharap semoga jadwal yang saya buat bersama anak-anak bisa selalu dilaksanakan. Amiin 🙂

 

 

 

Leave a Reply

