Mendidik Dengan Keteladanan

mendidik dengan keteladanan

Buku luar biasa karya Pak Namin AB. Ibnu Solihin. Tulisan yang disampaikan sering kita alamai dan jumpai disekitar kita.

Dibagian awal bukunya, Pak Namin menulis tentang contoh tidak baik yang sering terjadi di masyarakat. Misalnya pada judul “Kitalah yang Memperkenalkannya”, Pak Namin bercerita tentang anak kecil yang merokok, tentu saja ada orang tua yang memberikan contoh terlebih dahulu untuk merokok. Ibu yang sering mengeluh dan memarahi kelakukan anaknya juga jadi bahasan dalam tulisan Pak Namin. Sama halnya dengan cerita Ayah yang hanya shalat Tarawih, Shalat Idul Fitri dan Shalat Idul Adha. Sungguh contoh tidak baik yang diberikan kepada anak-anak. Anak hanyalah meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

Selanjutnya, Pak Namin memberi contoh yang dilakukan Sekolah Akhlak, antara lain siswa menghapal Al Quran, shalat dhuha dan shalat zuhur berjamaah. Tulisan yang dahsyat adalah siswa bernama Muhammad Nayif Alkayyisu yang sejak usia 3.5 tahun tidak pernah ketinggalan shalat jamaah di masjid. Subhanallah.

Dibagian akhir diberikan tulisan-tulisan hebat para pendidik yang telah memenangkan Lomba Mendidik dengan Akhlak yang dilaksanakan www.guruberakhlak.com dan www.sekolah-akhlak.com.

Buku yang sangat bagus untuk instropeksi para orang tua, referensi untuk pembelajaran orang tua dalam mendidik.

Orang tua atau pendidik tidak hanya memberi perintah dan marah-marah, tetapi memberi keteladanan jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s