Cara Menulis RPP (1)

Setiap awal tahun pelajaran, guru diminta membuat dan mengumpulkan RPP.

Menulis RPP begitu mudah, tinggal cari di google, di unduh lalu ganti nama guru, nama kepala sekolah, tanggal penulisan RPP serta atribut sekolah lainnya. Setelah itu dicetak, selesai. Cara salin tempel merupakan cara yang sangat mudah tapi tidak kreatif.

Tetapi itu tidak saya sarankan untuk diikuti karena setiap guru memiliki cara yang berbeda untuk memberikan pembelajaran kepada siswa, walaupun materinya sama.

Awalnya saya pernah melakukan hal diatas, hehe… Saya lakukan itu saat masih CPNS. Belum memahami lingkungan dan karakter siswa ditempat mengajar yang baru. Tetapi tidak mengunduh dari google, melainkan menyalin RPP dari MGMP.

Ditahun berikutnya saya tidak salin tempel lagi. Saya gunakan RPP tulisan sendiri, dimana setiap pertemuan pada RPP lama, saya coret sana sini sesuai apa yang lakukan dikelas. Aksi dan reaksi yang berbeda antara rencana dan pelaksanaan. Jadi RPP awal pun berubah.

★bersambung★

Leave a Reply

