Saat ini di Kota Pontianak banjir buah durian. Harga durian dijual sangat murah yaitu mulai dari 5000 rupiah. Para pembeli bisa langsung makan ditempat, dibukakan oleh penjual. Jika buah durian tidak bagus, bisa diganti dengan yang lain. Meja atau lapak disekitar dagangan durian banyak disajikan, beserta tisu dan air mineral.

Dengan banyaknya buah durian, bisa diolah untuk berbagai makanan dan minuman. Makanan yang sederhana adalah bubur kacang hijau durian. Sedangkan untuk minuman, bisa dijadikan jus durian, sop buah durian dan sebagainya.

Berbagai olahan durian yang menjadi makanan khas di Pontianak, antara lain :

  1. Lempok Durian

 

Lempok Durian salah satu oleh-oleh khas Pontianak. Bisa disebut juga dodol durian. Rasanya yang manis dan legitnya memang mapu membuat lidah bergoyang saat menikmatinya

  1. Tempoyak Durian

1

Tempoyak merupakan hasil fermentasi dari buah durian yang sudah matang. Penyajiannya dapat diolah menjadi bumbu atau tambahan bahan masakan atau dibuat sambal. Tempoyak biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung, namun hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri.

Makanan dan minuman serba durian memang menmabah selera makan. Apalagi untuk menu berbuka puasa. Nikmatnya makan durian, hmmm yummy 🙂

Advertisements