Saat ini bulan Ramadhan hadir bertepatan dengan liburan akhir tahun pelajaran. Sekitar 10 hari masuk tahun ajaran baru lalu pelajar libur lagi, menyambut hari raya idul fitri / lebaran.

Kegiatan pembelajaran dimulai tanggal 14 Juli 2014 nanti akan diisi seputar keagamaan. Proses belajar mengajar akan efektif setelah selesai libur lebaran, sekitar tanggal 4 Agustus 2014.

Mengingat saat sekolah dulu, ketika bulan Ramadhan tiba saya pernah libur 1 bulan. Pemerintah Indonesia saat itu dipimpin oleh Gus Dur. Selain itu tidak ada libur 1 bulan, hehe. Ingatan saya masih kuat tentang buku harian Ramadhan. Guru Agama membagikan buku yang harus diisi siswa selama bulan Ramadhan. Setelah libur lebaran, buku harian Ramadhan dikumpulkan ke guru agama sebagai tugas.

Di buku harian, ada jadwal pengerjaan shalat 5 waktu, shalat tarawih, sampai shalat idul fitri. Setiap shalat yang dikerjakan perlu tandatangan imam shalat. Ceramah atau kultum harian dicatat dalam buku disertai nama penceramah dan judulnya. Serunya berburu tandatangan imam / penceramah, hehe.

Hal diatas mungkin tidak ada lagi sekarang 🙂

Advertisements