HP Sebagai Alat Bantu Pembelajaran

Hampir dua bulan saya tidak menulis di http://www.guraru.org. Ampun dah, sok sibuk atau lagi malas nulis ya, hehe… tidak percaya diri merepost tulisan dari blog pribadi ke blog guraru. Diblog pribadi saya cerita keseharian yang temanya amburadul, campur aduk, apapun bisa saya tuliskan. Jadi wajat untuk blog pribadi setiap hari bisa saya update. Selalu ada cerita untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di blog http://www.nuritaputranti.wordpress.com. Walaupun jarang menulis di guraru, saya rajin membaca tulisan guru-guru hebat di blog guraru.

Tema tulisan yang ditetapkan admin guraru untuk bulan Mei 2014 adalah “Aplikasi dan Pemanfaatan Mobile Learning Untuk Pendidikan”.

Cerita pemanfaatan hp dikelas saya lakukan dua tahun lalu. Ketika materi kelas xi tentang internet. Berhubung koneksi internet disekolah terbatas jadi saya tugaskan siswa berkumpul secara kelompok 3 orang dan silahkan diskusi mengenai pertanyaan yang saya berikan. Siswa mencari referensi dari internet. Tanyakan semua pada Mbah Google, begitu celutuk salah satu siswa sebagai reaksi atas tugas yang saya berikan.

Mereka sangat menikmati kegiatan belajar, tidak keberatan memakai hp dan pulsa untuk belajar. Mencari referensi bersama teman satu kelompok, berdiskusi informasi yang didapat dari internet baru nantinya dipresentasikan ke depan kelas. Memang perlu selektif dalam mengambil informasi dari internet. Tidak bisa langsung copy-paste atau salin-tempel. Sesuaikan dengan informasi yang diperlukan dan sumber yang akurat.

Saya sengaja membuat kelompok 3 orang agar semua anggota kelompok bs bekerja sama secara efektif. Tidak ada yang sekedar numpang nama, duduk, diam, menunggu jawaban teman.

Berbagai hal terjadi karena penggunaan hp sebagai alat bantu pembelajaran. Ada kelompok yang tenang, masing-masing anggota kelompok asyik memegang hp mencari informasi yang diperlukan. Ada kelompok lain yang heboh karena hanya ada satu hp yang bisa untuk internetan, dan koneksinya lama jadi tambah seru melihat kegalauan mereka 🙂

Pada kelompok yang punya 2 hp untuk internet, siswa 1 lagi mencatat informasi yang didapat temannya. Setelah itu baru berdiskusi jawaban yang akan dipresentasikan.

Pertanyaan yang saya berikan 3 soal, waktu untuk menggunakan hp untuk mencari informasi selama 15 menit. Sisa waktu lainnya digunakan untuk presentasi masing-masing kelompok selama 5 menit.

Ada kejadian lucu saat presentasi yaitu ketika giliran salah satu kelompok yang anggotanya cowok semua. Saat saya minta salah satu anggota kelompok maju dan siswa tersebut membacakan hasil diskusi dalam bahasa Malaysia. Nah loh?! Teman satu kelas pun jadi tertawa mendengar bahasa melayu yang diucapkan. Ternyata mereka benar-benar menyalin informasi yang ada diinternet tanpa berdiskusi atau menyaring informasi yang nantinya disajikan dalam tulisan versi mereka.

Apapun hasil presentasinya, saya bangga karena mereka telah menggunakan hp sebagai alat bantu pembelajaran. Hp dan internet untuk hal positif dan bermanfaat.

Leave a Reply

