Menulis Soal

Mendekati ujian akhir semester para siswa sibuk belajar sedangkan para guru sibuk menulis soal.

Memberikan soal sesuai apa yang terjadi selama proses belajar mengajar. Walaupun kompetensi dasar sama tetapi beda guru, bisa beda soal.

Kartu soal dan kisi-kisi soal bisa digunakan sebagai panduan menulis soal. Jadi sesuai standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang telah dicapai siswa.

Mengambil soal-soal dari bank soal dibuku atau internet boleh saja. Tidak ada yang melarang.

Tetapi saya lebih suka menulis soal sesuai selera saya, dengan gaya saya, materi juga tentunya sudah diketahui siswa. Tidak cocok dengan soal-soal orang lain. Saya baca soal-soal dari berbagai sumber untuk mempelajari cara atau teknik dalam merangkai kata, kalimat yang digunakan dan tata aturan penulisan soal yang benar.

Bagi saya, lebih mudah menulis soal ujian / ulangan sendiri daripada menggunakan soal orang lain.

Mari belajar menulis soal 🙂

One thought on “Menulis Soal

Leave a Reply

