Modul Menjadi Buku

11

Saya sudah mendisain cover buku, kini waktunya revisi modul atau isi dari buku pelajaran TIK Kelas XII Semester Ganjil.

Tahun lalu saya masih menggunakan istilah modul untuk tulisan materi dan soal yang saya buat. Modul untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Modulnya sangat sederhana setebal 60 halaman, berisi SK, KD, Indikator, Materi, Tes Tertulis, Tes Praktik dan Tugas. Tulisan tidak bolak balik, artinya setiap lembar hanya satu halaman. Modul tersebut saya fotocopy lalu dijilid biasa dengan lakban hitam. Modul hanya digunakan oleh siswa/i SMAN 2 Pontianak, jadi masih bersifat internal. Modul dijual kepada siswa sebagai pengganti biaya fotocopy dan jilid. Cara yang sederhana untuk menyalurkan tulisan pengetahuan dan pengalaman saya, sehingga disesuaikan dengan materi TIK Kelas XII Semester Ganjil yang akan digunakan oleh siswa/i SMAN 2 Pontianak. Ini cover modul tahun lalu :

cvr

Tahun ini saya coba perbaiki lagi dan memberanikan diri menjadikannya sebuah buku. Belajar dari berbagai penulis yang telah berhasil membuat dan menerbitkan buku pelajaran. Rencana saya, buku ini masih untuk lingkungan SMAN 2 Pontianak. Tetapi saya buat dalam satu lembar berisi 2 halaman lalu dijilid seperti buku. Dibagian bawah cover buku, saya cantumkan nama dan alamat sekolah. Belum ada penerbit, jadi rencanya jika sudah selesai mengedit isi buku, akan saya bawa ke percetakan untuk diperbanyak. Semoga pengeditan buku selesai sebelum liburan tahun pelajaran, sehingga bisa dipakai pada tahun pelajaran baru. Amiin 🙂

Leave a Reply

