Saya Terlihat Bodoh

Ada kejadian yang akan saya ceritakan, dimana saya terlihat bodoh atau dianggap bodoh oleh orang lain. Nah loh ?!? Ada apa gerangan???🙂

Saya duduk di ruangan kelas mata kuliah Matriks, gabung bersama adik-adik tingkat yang baru masuk kuliah tahun akademik 2004/2005. Sengaja saya duduk paling belakang, dekat pintu. Satu per satu adik tingkat melihat saya. Jelas sangat berbeda dan mencolok karena mereka menggunakan pakaian putih-putih dan almamater sedangkan saya santai menggunakan kemeja dan celana kain. Adik-adik tingkat yang menjadi peserta orientasipengenalan kampus kini satu ruangan belajar dengan panitian orientasi pengenalan kampus.

“Kakak mengulang mata kuliah ini?” Tanya salah satu mahasiswi.

“Iya, saya mengulang”. Jawab saya singkat.

“Susah ya, kak pelajaran matriks?” Mahasiswi yang masih penasaran.

“Tidak susah, kok.” Saya jawab sambil tersenyum.

“Kok kakak ngulang? Dulu dapat C ya?” tanyanya dengan nada semakin penasaran.

“Semester 1 dulu matriks dapat A. Semester 7 ngulang lagi untuk penelitian skripsi, ambil judul tentang matriks.” Segera saya jelaskan biar puas, hehehe.

“Oooooooooo untuk skripsi” komentarnya atas penjelasan saya.

Percakapan selesai.

Memang pemikiran atau anggapan sebagian besar mahasiswa tingkat bawah yang melihat ada senior atau kakak tingkatnya mengambil mata kuliah di semester awal, pasti beranggapan bahwa senior tersebut mengulang untuk perbaikan nilai.

Saya memang mengulang, tetapi bukan untuk mencari nilai yang lebih baik tetapi untuk meneliti bagaimana dosen mengajarkan materi matriks ke mahasiswa. Supaya auranya lebih mantap untuk membuat aplikasi dan menulis skripsi tentang matriks. Judul skripsi saya adalah “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATRIKS DENGAN VISUAL BASIC 6.0”. Walau kuliah di bidang IT namun jiwa keguruan tetap ada, dibuktikan dengan judul skripsi tersebut, hehehe… di aplikasi sederhana itu ada materi matriks sampai ordo 8, latihan soal dan ujian yang dilengkapi skor penilaian.

Begitulah kejadian yang lucu bagi saya ketika orang lain mengira saya mengulan mata kuliah matriks untuk memperbaiki nilai. Tidak masalah bagi saya, orang lain menganggap saya bodoh, hehehe…

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s