Laundry atau Tukang Cuci

Bisnis Laundry Lebih Keren. Bisnis laundry semakin menjamur. Dalam radius 500m disekitar rumah saya sudah ada 5 rumah yang menyediakan pelayanan laundry.

Laundry merupakan istilah dari Bahasa Inggris yang berarti binatu atau tempat cuci pakaian. Pelayanan yang disediakan laundry biasanya tidak hanya cuci pakaian, juga menyediakan setrika pakaian. Jadi bagi yang sibuk, tidak sempat cuci dan setrika pakaian, langsung saja dibawa pakaian kotornya ke laundry. Tinggal tunggu selesai dikerjakan lalu bayar, pakaian sudah rapi dan siap digunakan.

Pembayaran laundry menggunakan kiloan dari pakaian kotor yang dibawa. Ada juga yang harga laundry berdasarkan helai pakaian, misalnya jas.

Waktu saya kecil, sekitar 20 tahun lalu, ada ibu rumah tangga yang menyediakan jasa dari tenaganya untuk mencuci pakaian. Hal itu untuk menambah penghasilan, membantu suami mencari uang. Setiap hari datang ke rumah tetangga satu dan lainnya, secara bergiliran mencuci pakaian. Saat itu istilahnya tukang cuci.

Tukang cuci terdengar kurang keren, orang mungkin beranggapan lebih seperti pembantu. Ya memang tukan cuci adalah orang yang membantu untuk mencucikan pakaian.

Waktu terus berputar, teknologi semakin canggih. Mesin cuci yang telah menggantikan posisi tukang cuci untuk mencuci pakaian.

Dulu tukang cuci yang datang kerumah-rumah untuk mencuci pakaian tetapi saat ini, orang yang punya pakaian kotor yang mendatangi laundry untuk dicucikan. Kecuali laundry yang terima antar jemput pakaian kotor, hehe…

Istilah berbeda, pekerjaan yang dilakukan sama tetapi harga bisa beda. Karena teknologi telah bekerja.

Mari gunakan teknologi untuk membantu pekerjaan manusia dalah hal positif tetapi jangan sampai diperbudak teknologi hingga manusia malas bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s