Fokus Untuk Menulis

Ketika deretan kata sudah berhamburan di otak, siap untuk disalurkan menjadi rangkaian kalimat, segera saya menulis.

Kalau menulis dengan handphone android agak aman karena biasa saya tidak multitasking, artinya tidak mengerjakan hal lain, tidak membuka tab baru untuk aplikasi lain. Hanya menulis dengan notepad atau office pro. Selesai.

Beda cerita kalau menulis di depan komputer yang terhubung dengan internet. Saya bisa menulis dulu di aplikasi pengolah kata, nanti baru di salin tempel ke wordpress atau bisa juga langsung buka dashboard wordpress lalu new post. Godaan untuk membuka aplikasi lain bisa datang kapan saja.

Fokus untuk menulis. Ya, hanya menulis.

Biarkan jemari membelai huruf dengan indah. Jari akan tahu apa huruf yang akan ditekannya. Saya tidak memperdulikan typo atau kesalahan ketik. Apakah itu kurang huruf atau kelebihan huruf atau posisi huruf yang tidak sesuai sampai spasi yang salah tempat, hehe.

Fokus terus menulis, sampai tulisan selesai.

Sampai tidak ada lagi kata-kata diotak yang minta disalurkan lewat jemari.

Saya tidak memegang mouse, karena kalau maose atau tetikus dipegang bisa saja klik sana-sini. Bisa new tab lalu berhenti sejenak menulis, bisa buka facebook, cek email dan lain-lain.

Ampun dah! panjang cerita kalau begini. Tulisan tidak selesai, malah pikiran tidak fokus karena banyak hal yang hilir mudik di pikiran.

Makanya saya hanya memandang keyboard, melihat tarian jari-jari memencet huruf. Lebih aman lagi, jika saya menulis di aplikasi pengolah kata saja, tidak langsung di wordpress. jadi internet bisa diputuskan sampai tulisan selesai.

Selesaikan tulisan, baru dibaca lagi, diperbaiki teks yang salah. Dan tulisan siap dipublish.

Inilah contoh jadinya tulisan yang fokus.

Kata-kata yang telah mengendap diotak, langsung disalurkan ke tulisan. Jadi lah sebuah tulisan.

Mudah kan? Hehehe… Tulisan ini selesai (belum diedit) dalam waktu 5 menit.

Saya mengetik langsung di new post wordpress, karena ada kesempatan ngeblog di sekolah dengan komputer dan koneksi internet yang lancar, hehehe..

Mari fokus untuk menulis 🙂

Leave a Reply

