Segera Tentukan Judul Tulisan

Menantang diri untuk posting dua tulisan per hari menjadi keasyikan sendiri untuk terus belajar dan latihan menulis.

Biasa saya publish tulisan sebelum jam 07.00 pagi. Ya, saat disekolah belum memulai kegiatan belajar mengajar. Jika hari libur, saya publish agak siang, tergantung kapan waktu luang yang bisa digunakan, kecuali tulisan terjadwal. Tulisan kedua saya publish sekitar jam 10an. Waktu istirahat pertama di sekolah. Saya berusaha untul mengatur waktu agar bisa tetap menjalankan tugas sebagai guru dan tidak lupa latihan menulis.

Terkadang siang bahkan sore hari saya belum publish satupun tulisan. Galau, gelisah dan otak terus berpikir apa yang mau ditulis hari ini. Dan diotak belum menemukan paragraf yang panjang untuk diketik. Saya berusaha menahan diri tidak tidur dulu sebelum menulis. Disaat dua balita sudah tidur, saya lebih bebas membelai android. Okelah, tentukan saja judul tulisan.

Ya, trik yang sangat manjur dan sudah sering saya lakukan.

Ketika judul tulisan telah ditentukan. Mulailah menulis kata pertama, merangkainya dengan kata-kata lain sehingga jadi kalimat pertama. Segala sesuatu memang harus dimulai dari yang pertama dan dari hal sederhana. Tanpa terasa jari begitu lancar mencari huruf yang akan disentuh.

Otak yang awalnya tidak tahu mau menulis apa, kini penuh sesak kumpulan kata yang sudah antri ingin segera dituliskan. Bahkan ada yang berdesakan, berebutan kata mana dulu yang keluar untuk ditulis. Jika hal ini terjadi, saya berhenti sejenak, tarik napas dalam-dalam lalu lanjut menulis. Semangat kata-kata yang siap dirangkai memotivasi saya untuk segera menyelesaikan tulisan. Butuh kesabaran ketika menulis dengan android layar sentuh. Kesalahan ketik huruf atau tanda baca yang disebut typo, bisa memecah konsentrasi menulis. Berharap kumpulan kata tidak pergi, hehe.

Tulisan selesai. Hati ini lega, seperti sudah membayar lunas semua hutang.

Mari segera tentukan judul tulisan agar bisa jadi sebuah tulisan.

Leave a Reply

