Ada dua tipe orang dalam menyelesaikan pekerjaan. Tipe yang sering dijumpai disekitar kita. Saya istilahkan dengan tipe SBS dan tipe SKS.

1. Tipe SBS (Step By Step).
Orang tipe SBS akan menyelesaikan pekerjaan dengan cara menyicil. Sedikit demi sedikit, perlahan tapi pasti pekerjaan diselesaikan. Orang dengan tipe ini tidak kewalahan jika tiba-tiba mendapat pekerjaan tambahan. Karena pekerjaan rutin yang biasa ditanggungnya sudah dikerjakan sebagian. Jadi tidak terlalu menumpuk pekerjaan. Hanya saja, tipe SBS terlihat selalu sibuk setiap hari karena ada saja pekerjaan yang dilakukannya.

2. Tipe SKS (Sistem Kebut Semalam).
Tipe ini juga banyak yang melakukan. Istilah SKS tidak hanya untuk hal perkuliahan. Tetapi istilah SKS sering digunakan jika orang menyelesaikan pekerjaannya diwaktu yang singkat diakhir batas waktu yang telah ditentukan. Orang tipe SKS, kesehariannya lebih santai karena tidak banyak melakukan pekerjaan. Cenderung menunggu pekerjaan porsi besar baru dikerjakan.

Disaat terakhir, pekerjaan sudah menumpuk, deadline pun sudah menunggu. Orang tipe SKS akan repot dan kewalahan jika diwaktu yang singkat mendapat pekerjaan tambahan karena pekerjaan rutin lainnya yang biasa dikerjakan belum selesai.

Masing-masing orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dalam pemilihan cara menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya dua tipe di atas yang menjadi cara orang untuk menyelesaikan pekerjaan. Mungkin masih ada tipe lain tetapi belum saya ketahui, hehe… Apapun pilihan atau cara menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan, yang penting pekerjaan tersebut selesai.

Mari disiplin dan memanajemen waktu sebaik-baiknya agar semua pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktunya. 🙂

Advertisements