Teknis Tanda Tangan

Pelaksanaan UN SMA 2014 hari pertama telah dilaksanakan. Petunjuk dari POS UN 2014, bahwa pengawas berhak melarang siapapun masuk ke ruang ujian kecuali pengawas ruang dan peserta ujian. Selain itu, pengawas diminta memasukkan semua LJUN, daftar hadir dan berita acara serta pakta integritas. Lalu dimasukkan dalam amplop dan dilem di dalam ruang ujian.

Nah, dari dua hal di atas, ada ketidaksesuaian yang secara teknis terjadi dilapangan.

Pada lembar pakta integritas, ada tanda tangan dari tim independen selaku pengawas satuan pendidikan. Bukankah pakta integritas harus dimasukkan dalam amplop dan dilem di dalam ruang ujian? Tim independen dimana menandatangani pakta integritas?!

Ada dua cara, yaitu pertama tim independen berjalan dari satu ruang ke ruang lainnya untuk tanda tangan pakta integritas. Berarti didalam ruang ujian boleh masuk, selain pengawas ruang dan peserta ujian???

Cara kedua adalah amplop tidak dilem dulu, dibawa ke ruang panitia ujian lalu ditanda tangani oleh tim independen. Cara ini juga tidak sesuai POS UN 2014 karena amplop tidak dilem di ruang ujian.

Solusinya tim independen tanda tangan diluar ruangan, berjalan dari satu ruang ke ruang lainnya. Jadi tidak ada orang lain yang masuk ruang ujian dan amplop bisa dilem Hal ini tidak melanggar aturan POS UN 2014. Hanya kasihan atau tidak enak melihat orang yang tanda tangan diluar ruangan, apalagi sambil berdiri hehe…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s