Melatih Balita Gemar Membaca

Saya memiliki dua balita dengan usia 3,5 tahun dan 2 tahun memudahkan untuk mengajaknya belajar bersama.

Jadwal setelah shalat magrib bersama adalah mengaji dan belajar bersama. Mulai dari coret-coret kertas sampai melototin poster angka dan huruf lalu berpindah ke kamar tidur untuk dibacakan buku.

Diawalnya masing-masing memegang buku pilihannya, melihat-lihat gambar yang ada. Ketika mereka membaca, saya juga membaca buku saya. Tidak lama salah satu balita mulai minta bacakan buku yang dipegang. Berebut minta bacakan pun terjadi. Mendongeng terus dilakukan mengiringi tidur malam mereka.

Begitulah cara saya melatih anak-anak untuk gemar membaca.

Memberikan keteladanan membaca disaat senggang, sambil santai di ruang keluarga. Mereka juga ikut minta dibelikan buku yang penuh gambar sebagai pilihan buku favorit.

Pernah saya coba, suatu hari tidak mengajak mereka membaca di ruang belajar, saya menonton tv di kamar tidur. Mereka malah mengkritik saya untuk segera berpindah ke ruang belajar, membaca bersama.

“Ndak boleh nonton tv lama-lama, bu, nanti matanya sakit”, begitu ucapan sang kakak. Hehehe…

Saya senang mendengar mereka bisa bersikap kritis. Sebelum mereka ikut menonton tv, saya segera matikan tv dan beranjak ke ruang belajar.

Semoga dua balita yang masih belum bisa membaca ini menjadi anak-anak yang gemar membaca. Amiin 🙂

Leave a Reply

