Berkeliling di Kota Pontianak banyak pedagang yang menjual jajanan khas Bandung atau Jawa Barat.

Ada pedagang yang memang asli Jawa Barat, didengar dari gaya bicara saat transaksi jual beli. Ada juga pedagang yang bukan orang Jawa Barat. Bisa membuat atau hanya menjual dagangan orang lain.

Jajanan yang dijual antara lain :
1. Rujak petis; pedagang menjual diatas sepeda motor. Buah diletakkan dalam kotak kaca sehingga memudahkan pembeli memilih buah. Variasi petis yang tersedia ada yang pedas dan sedang. Harga rujak 5ribuan per porsi.

2. Tahu Sumedang; berbeda dengan tahu yang ada di Pontianak. Tesktur tahu lembut, tidak begitu banyak isi. Bisa dibilang seperti tahu pong, tetapi kulitnya lebih lembut. Tahu sumedang dijual 8ribuan per buah.

3. Bala-Bala; gorengan yang dijual 7ratus rupiah ini menjadi favorit saya. Makanan yang sederhana tetapi menagihkan apalagi dimakan dengan cabe ijo.

4. Cireng; namanya belum familiar ditelinga saya. Ternyata makanan ini terbuat dari kanji yang diberi bumbu dan daun bawang lalu digoreng. Harga cireng sama seperti bala-bala.

Kini tidak perlu jauh-jauh ke Bandung atau Jawa Barat untuk menikmati jajanannya karena di Kota Pontianak telah tersedia 🙂

Advertisements