Biasanya ketika kita datang ke rumah makan atau restoran akan dihampiri pelayan yang membawa daftar menu. Makanan dan minuman yang tersedia bisa dibaca beserta keterangan harga.

Ada daftar menu yang bisa diisi langsung jumlah makanan atau minuman yang dipesan pembeli. Artinya restoran tersebut menyediakan daftar menu yang telah dicetak, selanjutnya pelayan tinggal mengambil lalu menyerahkan ke koki.

Selain itu, ada juga restoran yang menyediakan daftar menu statis, maksudnya pembeli hanya membaca menu yang ada lalu menyebutkan makanan atau minuman yang hendal dipesan dan pelayanpun mencatat dikertas.

Nah, ada loh restoran yang mengikuti perkembangan zaman. Pelayan membawa daftar menu lalu mendatangi pembeli. Pada saat pembeli menyebutkan makanan atau minuman yang dipesan, pelayan tidak mencatatnya dikertas melainkan dihp. Ya, hp dipakai untuk membantu kerja pelayan.

Saya lihat Hp yang digunakan adalah layar sentuh. Suatu inovasi yang kreatif.

Tidak jelas, apakah pelayan mencatat pesanan pembeli seperti mengetik sms atau di fasilitas catatan. Atau bisa jadi ada aplikasi android yang berisi daftar menu restoran tersebut, hehe..

Hayalan saya semakin jauh, seandainya apa yang dicatat pelayan langsung di kirim lewat wifi ke hp koki. Jadi pelayan tidak perlu berjalan ke dapur. Restoran masa depan bisa saja nantinya daftar menu ada disetiap meja. Dalam bentuk virtual dan layar sentuh yang bisa berinteraksi langsung dengan koki. Waah..kalau ini terjadi malah mengurangi lowongan pekerjaan. Tetapi pelayan masih bisa mengantarkan makanan atau minuman yang telah disiapkan koki. Selain itu, tugas pelayan membersihkan meja yang telah selesai digunakan.

Apapun kemajuan teknologi yang digunakan untuk restoran, yang paling penting adalah makanan dan minuman yang disediakan tetap asli. Bukan virtual atau sekedar layar sentuh. Karena hal itu tidak bisa menghilangkan rasa lapar dan haus, hahahya…

Advertisements