Arisan Keluarga

Pada minggu pertama/kedua setiap bulannya, jadwal kami arisan keluarga dari keluarga sebelah ibu saya. Arisan keluarga ibu ini diadakan pagi hari sekitar jam 10 sampai jam 12. Peserta arisan tidak ramai, hanya 12 orang tetapi yang datang saat arisan bisa 50 orang. Namanya saja arisan keluarga jadi tidak datang sendiri, suami/istri dan anak-anak ikut serta. Seru rasanya bertemu, berkumpul, ngobrol, bercanda bersama keponakan, sepupu, om, tante. Benar-benar saat yang ditunggu setiap bulannya.

Sore harinya saya arisan ibu-ibu RT, berpindah satu rumah kerumah lain aetiap bulannya. Nah, kalau arisan ini yang datang sedikit, hanya 15 orang. Ibu-ibu hadir sendirian, tanpa suami dan anaknya.


Diminggu ketiga, giliran arisan keluarga sebelah bapak saya. Peserta arisan ini 36 orang, yang datang arisan bisa mencapai 60 orang. Karena banyaknya jumlah peserta, arisan ini selesai bertahun-tahun. Arisan ini dilaksanakan pukul 10-12 siang.

Sebelum makan atau kocok arisan, kami membaca Surah Yasiin dan diakhiri pembacaan doa selamat. Jadi tidak. sekedar ngumpul, ada ibadah yang dilakukan.

Nikmatnya masih bisa berkumpul dengan keluarga dan tetangga melalui arisan. Manfaat yang didapat dengan mengikuti arisan antara lain :

1. Silaturahim, menjaga hubungan baik antara keluarga dan tetangga, bisa juga menambah rezeki.

2. Menabung, arisan pada dasarnya kita menabung sejumlah uang yang dicicil setiap bulan sampai tiba saatnya kita dapat arisan.

3. Beribadah Bersama, dengan mengaji Surah Yasiin saat arisan bisa menambah pahala bersama.

4. Bisnis Sampingan, ada peserta arisan yang membawa dagangannya saat arisan. Menawarkan produk yang dijual dengan bayar secara kredit setiap bulan saat arisan.

5. Beradaptasi, 2 anak saya masih balita, dengan mengikuti arisan mereka bisa beradaptasi dengan orang ramai.

6. Up to date, cepat mengetahui berita baik dan buruk atau ada rencana event keluarga yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s