Monitoring Komposisi Tubuh

Selesai mengawas UTS semester genap, guru-guru berkumpul dalam satu meja. Berdekatan, berdiri sambil berbicara dengan rekan guru lain dan sesekali mata tertuju pada timbangan yang dinaiki rekan guru lain.

Ingin mengetahui berat badan? Tidak hanya berat badan, ada kadar lemak, kadar air, massa otot, BMR, usia sel, massa tulang, dan lemak perut.

Waaah…waah…banyak ya. Hanya dengan berdiri sekitar 30 detik, semua informasi di atas bisa diketahui.

Saya baca dibagian atas timbangan, tertulis “InnerScan”. Sambil menunggu giliran saya timbang, coba tanya Mbah Google. Inilah yang saya dapat..

Timbangan Tanita BC-541 adalah timbangan Cerdas. InnerScan, yang rendah tingkat-sinyal listrik melewati tubuh untuk menentukan komposisi tubuh, kadar air, persentase lemak tubuh. Program dalam usia, jenis kelamin dan tinggi, dan timbangan akan mengukur berat.

Timbangan ini dapat merekam komposisi tubuh, sehingga lebih mudah untuk melacak kemajuan terhadap gaya hidup sehat.

Sebelum ditimbang, saya ditanya umur, tinggi badan, rutin/tidak olahraga. Jawaban 3 pertanyaan itu, 30; 165; tidak, hehe… Hasil timbangan saya adalah :

Berat badan = 53 Kg. Berdasarkan tabel berat badan yang disarankan untuk wanita, tinggi 165, berat 53 termasuk kategori sedang. Alhamdulillah.

Kadar lemak = 24,2 %.
Berdasarkan tabel kadar lemak tubuh (% lemak wanita), usia 30 dengan lemak 24,2 % termasul normal. Alhamdulillah…

Kadar air = 55,5 %.
Normalnya untuk wanita 45 – 60 %. Alhamdulillah, saya memang sering minum air putih.

Massa otot = 37,9 Kg. Rating Fisik Skala = 5.
Artinya standar/normal, massa otot dan kadar lemak normal. Alhamdulillah.

BMR = 4972/1188 kalori.
Jika makan, minum dalam sehari sama dengan BMR, maka berat badan tetap. Jika kurang, berat badan turun. Jika lebih maka berat badan naik. Pantas saja berat badan saya naik 3kg, hehe.

Usia sel = 20 tahun, lebih muda 10 tahun dari usia sebenarnya. Alhamdulillah.

Massa tulang = 2,4 Kg.
Ukuran normal untuk wanita dengan berat badan 50-70 Kg adalah 2,4 Kg. Alhamdulillah.

Lemak perut = skala 3.
Ideal sehat skala 1-5. Alhamdulillah.

Bersyukur, semua hasil timbangan saya normal, standar, sehat dan ideal.

Leave a Reply

