Motivasi Ujian Nasional 2014

Kabut/asap tebal masih menyelimuti Kota Pontianak tetapi tidak mengurangi semangat bagi siswa/i kelas XII dan guru pendamping untuk mengikuti kegiatan motivasi ujian nasional.
Kegiatan ini menjadi salah satu agenda yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Pontianak bekerjasama dengan Patria Education.

Diawal kegiatan, peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya setelah itu ditampilkan beberapa video lucu sehingga membuat suasana aula UPB meriah.
A. Learning Motivation : siswa diberikan kertas untuk tes matematika yang harua dikerjakan dalam 1 menit. Ada petunjuk pengerjaan soal yaitu penjumlahan berarti pembagian, pengurangan berarti perkalian, perkalian berarti penjumlahan, pembagian berarti pengurangan.
Siswa yang tidak teliti, terburu-buru mengerjakan dan tidak mengikuti petunjuk, pasti salah dalam menjawab soal. Kembali disajikan video kemajuan teknologi masa depan. Setelah itu gambar-gambar pilihan hidup seperti belajar/malas2an, berprestasi/tawuran, menganggur/bekerja, buruh/manajer dsb. Tujuan video dan gambar tsb untuk membuka pikiran siswa, memilih yang baik demi masa depannya.

Setelah itu, panitia meminta 1 siswa dan 1 siswi ke depan untuk mematahkan pensil. Bisa…tidak bisa… harus bisa!!! Begitu kata2 yang diucapkan instruktur motivasi. Permainan berikutnya, siswa diminta membuat 6 garis tidak terputus untuk 16 titik. Makna yang bisa diambil adalah agar mental siswa tidak terkurung pada hal yang biasa.

7 kebohongan ibu ditampilkan untuk mengingatkan betapa besar pengorbanan seorang ibu kepd anaknya
Kalimat penutup yang disampaikan adalah jujur adalah nafasku, ikhlas adalah langkahku, disiplin adalah semangatku, peduli adalah tekadku, lulus adalah target dan semangatku.

B. Learning Strategy : strategy – think – plan – manage.
Milikilah sasaran : realistis, terukur, spesifik, fleksibel.
Manajemen waktu : mendesak/tidak mendesak, penting/tidak penting. Jauhi suka menunda, cenderung malas. Strategi menyusun jadwal : buat dftr kgtn, buat skala prioritas, perkirakan kebutuhan waktu, alokasi waktu, evaluasi.
Tips optimasi waktu : jangan sekadar ikut-ikutan, manfaatkan waktu menunggu, utamakan yang utama, jangan menunda.
Strategi belajar berkelompok : pilih teman belajar yang cocok, saling bandingkan catatan, rutinkan belajar bersama, tanya cara pengerjaan, bukan sekedar jawaban.
Strategi belajar mandiri : perbanyak literatur&latihan soal, pilih tempat belajar yang tenang, setelah faham, diskusi dengan teman. Jangan membaca ditempat tidur.
Ditampilkan excel 50 angka kosong dengan 5 baris dan 10 kolom. Siswa secara acak diminta menyebutkan angka 0-9 bergiliran. Lalu diberi waktu 3 menit untuk menghapal 50 angka tersebut.
Tetapi tidak diberi tahu bagaimana cara menghapalnya, jika ingin tahu harus daftar di patria education.

Haha… kasih motivasi tapi ujungnya promosi…. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s