Lagu Anak Jarang Terdengar

Tahun 2007 saya pernah menulis tentang permainan tempo doeloe yang jarang dimainkan anak-anak jaman sekarang. Selain permainan tradisional yang mulai hilang, saat ini sudah jarang kita dengar lagu anak-anak. Apakah lagu anak jaman saya kecil dulu, sudah tidak bisa untuk anak jaman sekarang? Jaman memang telah berubah, anak-anak sekarang tahunya lagu anak yang dinyanyikan Coboy Junior. Penyanyi cilik semakin jarang, jadinya anak-anak malah lebih sering mendengar lagu bukan untuk anak.

Di sekolah PAUD, TK semoga masih dan tetap memperdengarkan lagu anak-anak seperti jaman saya kecil dulu. Lagu anak-anak juga diseleksi dari segi lirik, irama yang digunakan sehingga bermanfaat untuk perkembangan anak-anak. Lagu anak yang sederhana, mudah dinyanyikan, liriknya edukatif, mendidik. Makna disetiap lirik lagu anak ada pesan positif yang bisa diterima anak secara psikologis.

Perlu penerus pencipta lagu seperti lagu anak ciptaan AT Mahmud, Pak Kasur ,atau Ibu Sud yang lagunya berisi tentang lingkungan sekitar anak, sehingga anak bisa memperoleh pembelajaran sambil bernyanyi. Lagu-lagu seperti itu tidak hilang dimakan jaman. Lagu anak bukan lah lagu cinta-cinta-an seperti yang banyak dihapal anak-anak sekarang. Bukan juga lagu dari luar Indonesia, sedih juga ternyata anak-anak lebih mengenal penyanyi asing dari pada penyanyi dari negara sendiri. Apalagi lagunya pun bukan untuk kalangan anak tapi lebih kepada lagu untuk remaja dan orang dewasa.

Bersyukur masih ada youtube menyediakan lagu anak-anak jaman dulu. Jadi saya bisa download dan nyanyi bersama 2 balita dirumah.

Dunia anak belajar sambil bermain 🙂

2 thoughts on “Lagu Anak Jarang Terdengar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s