Antologi

Langsung saja cari info dari sana-sini untuk istilah Buku Antologi. Ini yang berhasil saya dapatkan.

Yuuuk baca …

Wikipedia mengatakan Antologi, secara harfiah diturunkan dari kata bahasa Yunani yang berarti “karangan bunga” atau “kumpulan bunga”, adalah sebuah kumpulan dari karya-karya sastra. Awalnya, definisi ini hanya mencakup kumpulan puisi (termasuk syair  dan pantun ) yang dicetak dalam satu volume. Namun, antologi juga dapat berarti kumpulan karya sastra lain seperti cerita pendek, novel pendek, prosa dan lain-lain. Dalam pengertian modern, kumpulan karya musik oleh seorang artis, kumpulan cerita yang ditayangkan dalam radio dan televisi juga tergolong antologi.

Antologi dari artikata adalah kumpulan karya tulis pilihan dr seorang atau beberapa orang pengarang. Isi Antologi bisa beragam : cerpen (fiksi dan non-fiksi), puisi, dan lain-lain. Beberapa faktor agar bisa menjadi penulis di buku antologi antara lain :

1.     Saat memilih Antologi yang sesuai.

– Pastikan tema yang diusung pada lomba tersebut adalah benar-benar tema yang kita minati. Selain itu pintar-pintarlah memilah dan memilih lomba yang akan kita ikuti. Jangan tergiur hanya dengan iming-iming karyamu akan dibukukan namun kamu harus membayar sekian rupiah.

– Perhatikan siapa pihak Penyelenggara Lomba Antologi itu. Tak ada salahnya menunggu dan mengamati peserta lain yang sudah mengirim. Apakah ada keluhan atau sesuatu yang menunjukkan ketidakberesan.

Lihat tujuan Antologi itu diadakan. Apakah untuk amal, sumbangan, apakah Antologi tersebut berupa kumpulan karya sekian penulis yang memberi honor pada para penulisnya atau tidak. Pastikan semua itu tercantum jelas, tidak meragukan dan ada pertanggungjawaban dari penyelenggara. Jika semua aman dan telah dipahami benar, mulailah menulis.

2. Saat menulis.

–     Sesuaikan tema.
Tidak harus menguasai suatu tema untuk menulis, namun jika kita menulis sesuai arah tema yang diinginkan oleh Penyelenggara. Maka karya kamu dijamin aman dan akan mudah menembus tahap selanjutnya. Mungkin kita memang perlu berpikir keras untuk menciptakan ide yang unik agar karya kita lolos, karena sekian jumlah peserta yang mengangkat tema yang sama. Namun selalu ingat bahwa banyak ide menarik adalah justru hal yang biasa-biasa saja.

–          Sesuaikan format.
Menulislah sesuai dengan format yang diinginkan Panitia. Jenis huruf, Jarak baris, dll. Jika panitia tidak menjelaskan, tanyakan! Jika tidak memungkinkan untuk menanyakan, gunakan huruf standar Times New Romans ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 dan ratakan kanan-kiri naskahmu. Meskipun tidak berpengaruh pada penilaian isi karyamu, namun Panitia akan membaca dengan lebih senang hati karya yang rapi dibanding karya yang berantakan.

–          Sayangi karyamu.
Mudah saja untuk menunjukkan bahwa kamu menyayangi karyamu. Beri nama penulis di bawah judul naskah. Lalu simpan naskahmu dalam nama file yang mudah dan benar. Ingat, pesertanya bukan hanya kamu. Simpan naskahmu dalam nama yang simple namun tak akan membuat juri kehilangan naskahmu setelah didownload, yaitu : Judul Naskah_Nama Penulis.

3.      Saat mengirimkan naskah.

– Biasakan menulis pengantar singkat. Contoh :

Kepada Yth. Panitia

Dengan ini saya lampirkan naskah saya untuk lomba bla-bla-bla,
Terima kasih.

–    Tuliskan subjek pada email dengan ketentuan Panitia atau sesuaikan dengan isi naskahmu. Misal : subjek _ puisi cinta, subjek _ cerpen Nessa Kartika, dll. Karena pesertanya pasti bukan hanya kamu, ada kemungkinan email tanpa subjek akan dilewati oleh Panitia. Sayang kan?

–    Setelah naskahmu rapih, tak ada salahnya mengecek sekali lagi sebelum meng-klik send. Supaya tidak perlu bagimu mengirim ulang naskah. Sekali lagi, pesertanya bukan kamu. Kalau kamu merepotkan panitia karena mengirim email berkali-kali karena ketinggalan ini-itu, jangan harap karyamu akan dilirik panitia.

Sumber :

http://www.id.wikipedia.org

http://www.artikata.com/arti-319299-antologi.html

http://gerimiskata.wordpress.com/2012/01/20/kiat-jitu-menembus-antologi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s