Bulan Januari Berhasil

Menulis dihari Jumat, tanggal 31 Januari 2014, berarti target nulis berhasil. Alhamdulillah… bersyukur bisa mendisplinkan diri untuk posting 1 tulisan 1 hari. Setelah tujuah tahun blog ini saya buat, sempat “cuti” beberapa tahun jadi miskin postingan.

Desember 2013 memotivasi diri untuk menulis lagi, posting lagi, aktifkan blog yang sudah lama dibuat. Awal tahun 2014 memberanikan diri membuat tantangan 1 tulisan 1 hari. Bulan pertama berhasil posting 31 tulisan, sesuai jumlah tanggal di bulan Januari 2014.

Walaupun tulisan yang dibuat masih sederhana, terus latihan menulis agar kualitasnya menjadi lebih baik. Berharap target untuk bulan Februari, Maret dan seterusnya juga tercapai. Semoga…

Pesan dari penulis hebat, jika ingin membuat tulisan, ya menulis. Tanpa alasan apapun, dengan ada niat dan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menulis. Kapanpun, dimanapun, siapapun bisa menulis, jika MAU MENULIS.

Mengasah kemampuan menulis, dengan latihan setiap hari. Dengan menulis setiap hari, saya berharap bisa mendokumentasikan pengetahuan dan pengalaman yang ada. Dulu menulis 2 paragraf saja rasanya sulit, bingung bahkan kehabisan kata-kata untuk diketik. Salah satunya disebabkan kebanyakan mikir tulisan yang diedit agar kalimat yang nyaman dibaca. Alhasil bukannya kalimat yang nyaman dibaca tetapi lembar/layar putih kosong tanpa tulisan.

Ketika ada kesempatan menulis, langsung saja menulis. Terus mengalir begitu saja, tanpa edit sana sini. Apa yang terpikir, terlintas langsung dituangkan dalam rangkaian kata sehingga jadi kalimat. Setelah selesai, baru dibaca ulang, ditemukanlah kesalahan mengetik, huruf yang terbalik atau kata yang belum lengkap karena tangan yang begitu cepat membelai keyboard, hehehe..

Proses editing pun dilakukan. Kata atau kalimat yang dianggap tidak pas, diperbaiki, bisa dibuang atau ditambah atau dipindah posisinya. Setelah itu baru di publish ke blog. Selesai lah sebuah tulisan untuk dibagikan kepada pembaca.

Menulis setiap hari tidak bosan, tidak juga dijadikan beban. Blog saya ini tidak ada tema khusus jadi mudah untuk menulis apa saja. Setiap hari hanya meluang waktu untuk berbicara lewat kalimat sehingga pesan atau ceritanya sampai kepada pembaca. Jadwal saya menulis biasa dipagi hari, sebelum mengajar atau saat waktu istirahat mengajar. Jika tidak sempat, sebelum tidur bisa posting lewat hp. Memasang aplikasi wordpress di hp menjadi salah satu motivasi untuk menulis karena begitu pegang hp, ada shortcut wordpress jadi terpikir untuk menulis, hehehe…

Apa yang saya tulis adalah tulisan yang ringan dan sederhana, belum ada tulisan dengan analisis panjang lebar tentang suatu kasus atau kejadian. Menuangkan apa yang terpikirkan sehingga tidak sia-sia terbuang begitu saja tanpa dokumentasi. Bisa karena biasa. Semakin banyak menulis, semakin lancar menulis, semakin berkualitas membuat tulisan.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s