Agan dan Dummy Buku

Tulisan dihari ke 22 dibulan Januari tahun 2014 tentang dua istilah yang saya baca pada komentar diblog dan status guru disosial media.

Istilah pertama yaitu “agan”. Ide ini berasal dari 2 tamu yang datang ke blog saya dengan memberikan komentar menggunakan kata “gan”. Istilah gan atau agan awalnya dipakai di kaskus.

Info dari mbah google, penggunaan kata agan merupakan singkatan dari juragan, yang berarti panggilan ke sesama member kaskus. Saat ini panggilan tersebut tidak hanya untuk member kaskus, bisa juga untuk para netter di komunitas atau sosial media lainnya.

Istilah kedua yang saya bahas adalah “dummy”.  Kata ini menjadi ide karena berasal dari status Abah Ersis.  Dimana beliau telah menyelesaikan dummy buku pendidikan karakter dari 30 dosen UNLAM. Selain itu, status Pak Johan Wahyudi dalam komunitas Guru Menulis, yang posting telah menyelesai buku Menulis Karya Ilmiah Plus. Saya berniat membeli buku tersebut, eh ternyata masih dummy. Bersabar deh 🙂

Apa itu dummy buku? Setelah baca dari berbagai sumber di mbah google, dummy merupakan benda tiruan yang digunakan sebagai contoh majalah atau buku yang akan diterbitkan (sampul buku dan sebagainya). Bisa juga diartikan dummy buku adalah sebentuk print out dari naskah yang sudah selesai edit dan layout. Jadi, dummy buku adalah gambaran buku yang akan diterbitkan.

Alhamdulillah, tambah lagi pengetahuan tentang dua istilah “agan” dan “dummy”. Dua istilah yang saya baca dari komentar diblog dan status guru di sosial media. Berkelanjutan mencari informasi lebih banyak mengenai istilah tadi. Otomatis membaca lebih banyak tulisan orang lain lalu didaur ulang menurut versi eNPe untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s