TOT Intel Teach Tahun 2012

Image

Training of Trainer Intel Teach Tahun 2012 Diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, tanggal 5-9 Nov 2012. Dari SMA Negeri 2 Pontianak diwakili oleh Nurita Putranti, S.Kom dan Dwi Ria, S.Kom

 

Pada TOT Intel Teach Essential Course ini, kami dilatih untuk menggunakana Pembelajaran Berbasis Proyek. Dimana masalah real yang terjadi pada siswa pada saat pembelajaran di sekolah didiskusikan bersama untuk mencari solusi dan menghasilkan suatu produk. 
 
Pembelajaran berbasis proyek ini bisa dilakukan oleh semua guru mata pelajaran tinggal disesuaikan dengan penilaian (rubrik) hasil akhir (produk) dan tindak lanjut yang dilakukan.
 
Pembelajaran berpusat pada siswa, guru hanya sebagai fasilitator. Siswa dapat berinterkasi langsung dengan tenaga profesional yang berhubungan dengan masalah yang terjadi untuk mencari solusi yang terbaik. Guru mempersiapkan berbagai keperluan dan penilaian dari setiap proses yang dilakukan siswa.
 
Sebagai tindak lanjut dari TOT Intel Teach, kami (Master Trainer) diminta untuk melatih minimal 5 guru (Participant Teacher) di sekolah masing-masing. 
 
Untuk lebih lengkap silahkan baca info dari teach-indonesia di bawah ini :
 
Intel Teach Essential Course
 
Latar Belakang
 
Pelatihan Intel Teach Essential Course diberikan pada guru-guru yang sudah terbiasa menggunakan komputer dalam proses kerja maupun proses belajar di sekolah. Pelatihan ini membutuhkan infrastruktur yang baik terutama dalam koneksi internet karena guru dan siswa akan banyak mencari informasi, berdiskusi dan bekerja dengan menggunakan internet. Pelatihan ditujukan untuk semua guru baik guru kelas maupun guru mata pelajaran dari TK hingga SMA.
 
Pelatihan ini akan memberikan pengalaman langsung pada guru untuk menyusun rencana pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (Project Base Learning) dimana siswa akan diberikan permasalahan yang harus diselesaikan melalui sebuah proyek.
 
Maksud Dan Tujuan
 
1. Mendalami arti dari kecakapan abad 21 yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi era persaingan di abad 21
 
2. Memberikan kecakapan dan pengertian baru mengenai pembelajaran yang berpusat pada siswa
 
3. Menciptakan satu rencana unit pembelajaran berbasis proyek yang langsung dapat diimplementasikan di dalam kelas.
 
Materi Pelatihan Modul Durasi (jam)
 
Modul 1 : Teaching with Projects 4 Jam
Modul 2 : Planning My Unit 4 Jam
Modul 3 : Making Connections 4 Jam
Modul 4 : Creating Samples of Learning 4 Jam
Modul 5 : Assessing Student Projects 4 Jam
Modul 6 : Planning for Student Success 4 Jam
Modul 7 : Facilitating with Technology 4 Jam
Modul 8 : Showcasing Unit Portofolios 4 Jam
 
Personal Homework 8 – 16 Jam
 
Model Pelatihan Pelatihan ini akan menggunakan model TOT, dimana guru yang dilatih akan menjadi Master Teacher (MT) yang mempunyai kewajiban untuk melatih 15 – 30 orang rekan guru yang lain yang disebut sebagai Participant Teacher (PT).
 
Target Guru Seluruh guru dari TK hingga SMA baik guru kelas maupun guru mata pelajaran. Guru yang akan menjadi MT dan PT dalam pelatihan ini diharapkan sudah paham menggunakan komputer dan juga terbiasa memanfaatkan Internet dalam pekerjaan sehari-hari.
 
Durasi Pelatihan Pelatihan ini mempuyai durasi 32 – 40 jam sesuai dengan kebutuhan peserta dalam memahami materi serta penambahan 16 jam kerja mandiri untuk menyempurnakan hasil rencana pembelajaran yang dibuat selama pelatihan.
 
Metode Pelaksanaan Pelatihan Untuk pelatihan MT : pelatihan dilakukan dalam 4 – 5 hari berturut-turut dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore
 
Untuk pelatihan PT : pelatihan dapat dilakukan dengen berbagai cara tergantung pada situasi dan kondisi setempat.
 
Pelatihan bisa dilakukan seperti pada pelatihan MT, atau dilakukan dengan memberikan 1 modul pelatihan tiap hari atau bahkan paling minimum dengan pemberian 1 modul per-minggu. Diharapkan pelatihan dari MT ke PT selesai maksimal dalam waktu 3 bulan setelah pelatihan MT.
 
Sertifikat Intel mengeluarkan dua jenis sertifikat yaitu :
 
1. Sertifikat untuk MT, sertifikat ini baru diberikan pada MT apabila mereka sudah melakukan pelatihan kepada PT dan memasukkan laporannya ke Intel dan PMPTK
 
2. Sertifikat untuk PT, sertifikat ini akan diberikan kepada PT bersama-sama dengan sertifikat MT setelah laporan pelatihan diverifikasi. Sertifikat Intel bersifat Internasional dan sama di lebih dari 50 negara di dunia.
 
Persyaratan umum
 
1. Dalam pelatihan terdapat komputer maksimal 1 komputer untuk dua orang
 
2. Dalam pelatihan terdapat koneksi internet yang baik
 
3. Susunan tempat duduk dalam pelatihan bebas yang terpenting dibuat kelompok kerja masing-masing dua orang
 
4. Jumlah peserta maksimal dalam satu pelatihan adalah 20 orang, jumlah yang optimal adalah 15 orang 5. Sebelum pelatihan dimulai, nama-nama peserta sudah jelas dengan alamat email masing-masing sehingga pelatih dapat mengubungi peserta untuk melakukan persiapan

Sumber : http://teach-indonesia.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s