Penelitian Tindakan Kelas 2011

ABSTRAK

Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Tutor Sebaya

Berdasarkan pengamatan di lapangan yaitu di SMA Negeri 2 Pontianak, kelas XII IPS 1 RSBI, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar di kelas dan hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi sebelum penelitian. Dari hal tersebut peneliti mencoba mencari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa khususnya pada pelajaran TIK materi toolbox Corel Draw. Peneliti mencoba menggunakan metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran TIK melalui tutor sebaya di kelas XII IPS 1 RSBI SMA Negeri 2 Pontianak dengan rumusan masalah umumnya, yaitu: “Bagaimana melalui tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran TIK materi toolbox Corel Draw di kelas XII IPS 1 RSBI SMA Negeri 2 Pontianak?”

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas terhadap 26 orang siswa pada kelas XII IPS 1 RSBI SMA Negeri 2 Pontianak. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, observasi langsung, dan catatan lapangan dengan alat pengumpulan data berupa hasil tes tertulis, lembar observasi untuk siswa dan guru kemudian data diperoleh disajikan dan disimpulkan.
Dari hasil analisis data yang disimpulkan peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran TIK melalui tutor sebaya di kelas XII IPS 1 RSBI SMA Negeri 2 Pontianak dapat berjalan dengan baik. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan.

Berdasarkan temuan-temuan selama penelitian ini disampaikan beberapa saran, sebagai berikut:
1) Agar kegiatan pembelajaran dapat berhasil dengan baik, maka seorang guru hendaknya selalu aktif dalam melibatkan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
2) Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) hendaknya bervariasi dan tidak monoton sehingga hasil pembelajaran dapat lebih maksimal.
3) Hendaknya guru dapat menggunakan model-model pembelajaran yang ada sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
4) Sebaiknya semua siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s