Halaman tujuh dan lima belas buku/LKS TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk SMA kelas XI semester 1 memuat sedikit tulisanku.

Buku/LKS yang berkantor redaksi dan pusat pemasaran di Solo tersebut dapat digunakan sebagai pendamping BSE (Buku Sekolah Elektronik).

Senang hati ini ternyata ada tulisan yang berhasil dicetak dan diterbitkan untuk berbagi dalam kemajuan pendidikan Indonesia, khususnya pelajaran TIK. Dalam buku/LKS tersebut hanya sedikit tulisan saya yang dimuat, yaitu materi interaksi elektronis internet yang dimuat pada halaman 7 dan ISP (Internet Service Provider) yang dimuat pada halaman 15.

Impian menuliskan buku hasil pemikiran atas nama Nurita Putranti semakin termotivasi, hueheheheโ€ฆ

Tahun ajaran ini saya tidak menggunakan buku/LKS untuk siswa/I.ย  Saya lebih suka menggunakan materi dan soal yang saya buat sendiri karena disesuaikan dengan kemampuan siswa/I yang saya ajar. Penggunaan buku/LKS hanya untuk pegangan atau panduan saja, tetapi tidak mewajibkan siswa untuk memiliki buku/LKS tersebut.

Setiap pertemuan saya menggunakan bahan ajar yang didapat dari berbagai sumber dan hasil pemikiran saya serta penyesuaian kemampuan siswa/i. Begitu juga soal atau ulangan yang saya berikan.

Tidak bisa copy-paste dari buku/LKS karena beda materi, beda kemampuan siswa dsb. Bahkan setiap tahun perangkat ajar tersebut harus direvisi karena kemampuan siswa/I setiap tahunnya berbeda-beda.

Kembali cerita tentang buku/LKS di atas. Ada anjuran dari MGMP Tik Kota Pontianak untuk menggunakan buku/LKS tersebut tetapi saya menolak.

Awalnya karena saya hanya mengajar sekitar 1 bulan lalu cuti bersalin selama 3 bulan. Tetapi alasan penolakan tersebut bertambah karena materi yang ada di dalam buku/LKS tersebut kurang-lebih sama dengan materi2 yang telah saya siapkan selama ini.

Saya ucapkan terima kasih kepada penyusun buku/LKS TIK untuk SMA Kelas XI Semester 1 yang telah memuat tulisan saya.

Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi siswa/I SMA Kelas XI. ๐Ÿ™‚

Advertisements