Menulis dari hati…

Setiap orang mempunyai masalah, setiap orang pernah mengalami stress dan setiap orang pernah berada dalam kebuntuan dalam pencarian solusi. Tetapi tidak semua orang mempunyai orang lain untuk melepaskan beban dan tekanan tersebut.

Ada kalanya atau bagi sebagian orang, dengan menyendiri, saat mendapatkan suatu masalah, adalah solusi untuk memperoleh jawaban atas masalah tersebut. Adalah hal yang mudah bagi mereka yang sudah terbiasa dengan kesendirian, tapi menjadi hal yang sulit saat kita tidak terbiasa menyelesaikan masalah itu sendirian, selalu membutuhkan orang lain, seorang teman, seorang sahabat.

Kebutuhan bersosialisasi adalah mutlak bagi kebanyakan manusia. Namun, ada kalanya, kita tidak mendapatkan siapapun berada di samping kita untuk sekedar berpegangan saat menerima sebuah cobaan.

Tidak semua orang bisa mencurahkan uneg2nya kepada orang lain, karena berbagai alasan. Ada orang yang menahan dan meredam masalah tetapi akan menjadi tidak baik jika terus2an dilakukan tanpa menyelesaikan dan mengeluarkan uneg2 yang dirasakan. Lama-lama bisa “meledak”:mrgreen:

Menulis bisa menjadi sebuah solusi, bahkan akan menjadi kebutuhan saat menulis menjadi sebuah kebiasaan dan candu solusi untuk segala masalah.

Syaratnya, kita harus meluapkan semuanya saat menulis, tanpa ada yang kita sembunyikan dan bahwa apa yang kita tulis tersebut berasal dari lubuk hati kita yang paling dalam. Jangan pernah takut orang lain akan membacanya, ikhlaskanlah, dan lebih pintar lagi jika tulisan itu sengaja kita buat agar bisa dibaca oleh orang lain, karena bisa sangat ampuh pengaruh tulisan tersebut dibandingkan dengan kata-kata kita langsung.

Orang bisa membaca diri kita, orang bisa memahami diri kita lewat tulisan melebihi pemahaman mereka atas apa yang mereka dengarkan dari telinga.

Jadi, mulai sekarang, anda jangan pernah merasa kuatir tidak ada teman saat mendapatkan masalah atas sebuah kegagalan, kesalahan, dan segala perasaan buruk lainnya. Ambilah sebuah pulpen dan sebuah buku atau mainkan jari2 utk memencet keyboard komputer, konsentrasikan pikiran dan tangan, dan mulailah menulis..dari hati. Anda akan mendapatkan ketenangan dan solusi.

Semoga bermanfaat🙂

24 thoughts on “Menulis dari hati…

  1. sepakat banget, bu ita. jika menulis kita lakukan dengan hati, insyaallah akan jadi pencerahan. bahkan, mungkin tak hanya utk diri sendiri, melainkan juga utk sesama. salam ngeblog, bu!

  2. Wah…. kita harus meluapkan segalanya ketika menulis di blog ya? Wah…. kalau kita lagi marah2 ntar kita luapkan kemarahan kita di blog, ntar pembacanya pada kabur semuanya dong! Huehuehue…..:mrgreen:

  3. Menulis memang bisa mengurangi stres…itulah indahnya blog…..
    Hanya..jika menulis tentang curhat tetap harus dikemas dengan baik, agar tak menyinggung orang lain, atau malah menimbulkan masalah yang baru lagi….

  4. Stuju Bu. Setdknya cara ini lbh baik dr pd memendam masalah sendiri. Sesuatu yg harus d lepaskan tetapi d tahan-tahan, biasanya hanya akan menimbulkan masalah baru.

    Nice posting…!

    Salam Kreatifitas

  5. Trimakasih ibu sdh mampir d rmh maya saya. O,ya bu, bagaimana persepsi ibu jika ad murid yang progressnya lebih maju dari gurunya. Sharing yuk Bu, d Sharing is Fun..!

    Salam pendidikan

  6. hehe..kalo dah begitu, fi bisa nulis tiap hari mbak,bahkan satu hariterkadang bisa bikin mpe lebih dari satu tulisan.. (tapi disimpen aja di hd, kalo dah kebnagetan baru di-post di blog yang rada ga keliatan, atau ditag hanya ke sebagian org, he..) Maap jiklau diriku seringkali mengganggu dirimu mbak dengan men-tag sebagian keluhan2ku mbak, he..

  7. yufz….
    btul banget….
    dengan menulis dapat meringkan beban atau maslah yang kita alamii….
    bahkan dengan menulis secara tak sadar dapat mengembangkan kemampuan menulis kita dan memperbanyak kosakata kita….
    I love writing……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s