Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/sederajat telah selesai dilaksanakan. Gembar-gembor dan kehebohan UN pun ikut reda. Para siswa/i kelas XII merasa plong alias lega. Itukah akhir dari perjuangan mereka selama 3 tahun?? Bukankah masih ada Ujian Sekolah (US). Tapi sepertinya tidak seheboh UN. Belum terdengar isu2 negatif bocoran soal atau kunci jawaban yang beredar kepada peserta ujian. Hmmm..sepertinya US ”dianaktirikan” :mrgreen:

US memiliki landasan yang kuat dalam PERMENDIKNAS Nomor 4 Tahun 2010 yang menyatakan bahwa Ujian Sekolah merupakan kegiatan penilaian dalam bentuk ujian tulis dan/atau praktik untuk mengetahui pencapaian standar kompetensi lulusan pada semua mata pelajaran yang tidak diujikan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan Ujian Nasional (UN).

Guru yang mengajar mata pelajaran US diberikan tugas untuk membuat kisi-kisi, menulis soal dengan mengikuti kaidah penulisan soal sesuai dengan kompetensi yang dituntut dan materi yang sudah diajarkan, menggunakan Bahasa Indonesia yang benar dan mempertimbangkan waktu pengerjaan soal. Penggandaan soal dilakukan oleh sekolah yang bersangkutan atau sekolah sub rayon.

Aturan dan sanksi pelanggaran US pun tidak jauh berbeda dengan UN. Memang ada beberapa hal teknis yang berbeda antara UN dan US, diantaranya mengenai LJK (Lembar Jawaban Komputer). Tidak semua sekolah menggunakan LJK untuk US, ada juga sekolah yang menggunakan lembar jawaban manual (masih menggunakan pulpen untuk menyilang jawaban). Selain itu, tidak ada perbedaan soal antara nomor peserta ganjil/genap dengan paket soal A atau B. Semua mendapat soal yang sama. Dan guru kelas xii yang menulis soal US tidak diikutkan dalam mengawas US.

Ada wacana menarik yang saya baca di sini, nilai rata-rata US di sekolah yang baik biasanya lebih rendah dari UN tetapi untuk sekolah yang kurang baik, nilai US para siswanya lebih tinggi dari UN. Hal ini tergantung objektivitas penilaian yang dilakukan pada masing-masing sekolah.

Mana yang lebih baik, hasil US atau UN? Atau UN lebih penting dari US??? πŸ˜†

Semoga bermanfaat πŸ™‚

Advertisements