Laptop untuk Guru

Pagi ini saya membaca koran ada artikel yang menarik tentang penjualan laptop bagi guru. Program yang sangat bagus diberikan oleh Klub Guru Indonesia (KGI) yaitu SAGUSALA. Program SAGUSALA mewujudkan Pendidikan abad 21 yang berkualitas melalui upaya setiap guru memiliki satu laptop dengan harapan dapat menghasilkan media belajar inovatif (konten pendidikan), berkolaborasi dengan guru di seluruh dunia dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Manfaat membeli laptop dari program tersebut adalah guru mendapatkan konten2 pembelajaran (gratis), bagi yang membayar tunai langsung mendapat potongan 500ribu, bagi yang menyicil atau kredit dengan bunga 0%, akses internet murah (Speedy), mengikuti pelatihan2 komputer (gratis) dan mendapat potongan harga lisensi Microsoft Office.

Menurut Pak Satria, dengan SAGUSALA ini :

1. Visi kita adalah : membuat lompatan kemajuan sistem pendidikan di Indonesia dengan transformasi di bidang pendidikan melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jadi visi kita bukanlah menjual laptop sebanyak mungkin. Laptop hanyalah alat yang kita anggap dapat membantu para guru dalam melakukan transformasi tersebut. Kita harapkan agar para guru dapat menjadi produktif dengan memiliki alat pembelajaran dan alat produksi (laptop) tersebut.
2. Misi kita adalah menjadikan guru-guru melek informasi dan memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan tugas mereka sebagai agent of change (pelaku perubahan)di sekolah. Jadi guru harus diajak agar benar-benar bisa MEMANFAATKAN (dan bukan sekedar menggunakan teknologi informasi secara pribadi) teknologi ini dalam kegiatan pembelajarannya. Jadi laptop hanyalah alat dan tujuannya adalah agar para guru dapat belajar secara mandiri dan dapat menghasilkan media pembelajarannya sendiri. Ini akan membedakan kita dengan berbagai upaya penjualan laptop di luar Sagusala.

Jadi setelah memiliki laptop yang lengkap dengan berbagai macam materi
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan guru dalam laptop tersebut maka kita akan mengadakan pelatihan berkala secara terstruktur kepada guru tersebut sampai guru tersebut benar-benar merasa percaya diri untuk memanfaatkan materi pembelajaran berbasis TI tersebut di Β kelasnya. Tidak ada gunanya punya laptop dan mendapat pelatihan secara intensif jika tidak terjadi perubahan dalam praktek pembelajarannya di kelas. Transformasi itu harus dapat dirasakan
manfaatnya oleh siswa.

Selain pelatihan berkala dan terstruktur, kita juga akan membentuk Komunitas Guru Pembelajar TI yang tentu saja bukan untuk guru-guru yang mengajar TI saja tapi bagi semua guru yang ingin mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari TI dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru. Jadi ada ALAT, ada PELATIHAN, dan ada KOMUNITAS. Tentu saja akan ada para MENTOR yang akan membantu para guru tersebut dalam belajar. Program ini akan menjadi program yang komprehensif dalam menjawab tantangan dunia informasi.

3. Target yang hendak kita capai adalah dalam satu tahun ini adalah 1000 guru yang bisa kita jangkau (sebuah angka yang sangat kecil untuk ukuran jumlah guru yang ada tapi mungkin cukup ambisius bagi KGI).

Semoga dengan program ini dapat mempermudah para guru untuk terus belajar, demi kemajuan kualitas pendidikan Indonesia.

Anda seorang guru dan berminat untuk membeli laptop dari KGI? Panduan pembelian dan pemesanan, silahkan kunjungi alamat ini.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

Advertisements

22 thoughts on “Laptop untuk Guru

  1. saya sependapat dengan ini Misi kita adalah menjadikan guru-guru melek informasi dan memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan tugas mereka sebagai agent of change (pelaku perubahan)di sekolah

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih πŸ˜€

  2. Mbak Nurita
    Kebetulan saya bukan guru, namun menyambut baik program ini sebagai langkah maju dalam semakin mendekatkan program melek teknologi informasi kepada para pahlawan tanpa tanda jasa kita.

    Semoga guru-guru kita semakin hebat lagi…
    Amiin

  3. Mbak. bagaimana caranya supaya kita bisa memilikinya? Infonya donk….? Saya dari Deli Serdang Sumatera Utara. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s