Try out Menjelang Ujian Nasional

Tulisan yang sederhana saya tulis saat mengikuti seminar, tgl 7 Feb 2010 jam 09.40-10.00 WIB

Ujian Nasional (UNas) sudah semakin dekat. Pihak sekolah, Disdik tingkat Kota, Disdik tingkat Provinsi, orang tua berpacu menggunakan berbagai strategi agar siswa memperoleh nilai yang baik. UNas hanyalah salah satu faktor kelulusan siswa. Tetapi kehebohan menghadapi UNas menjadikan UNas seperti satu2nya faktor kelulusan.

Upaya yang dilakukan sekolah dalam mempersiapkan siswa antara lain mengadakan bimbingan belajar, les, remedial, try out. Bahkan, membagikan standar kompetensi lulusan dan ruang lingkup materi yang diujikan kepada siswanya yang akan menghadapi UNas.

Try out yang dilakukan biasanya pada tingkat provinsi, kabupaten dan kota dilakukan satu kali hasilnya belum menggembirakan. Kemudian beberapa lembaga kursus dan bimbingan belajar juga tidak kalah geraknya melaksanakan try out bagi siswa-siswa yang mengecap pendidikan di lembaga yang bersangkutan. Demikian pula lembaga-lembaga kursus terkenal juga memberikan kontribusi nyata dengan melaksanakan try out. Belum lagi berbagai organisasi masyarakat dan kalangan organisasi kemahasiswaan melaksanakan progran try out dan kegiatan ini mereka melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah.

Try out sudah dilaksanakan di berbagai sekolah. Hasil try out tidak bisa langsung mencerminkan kemampuan siswa. Masih ada siswa yang belum belajar sungguh2 dalam menghadapi try out. Mereka berpikiran, try out bukanlah UNas yang sesungguhnya. Tetapi ada juga siswa yang sudah stres atau down karena hasil try out yang rendah. Baru try out saja rendah, apalagi UNas nantinya, begitu kata mereka.

Semoga try out yang dilaksanakan beberapa kali oleh berbagai pihak tersebut bisa efektif dan berdampak positif bagi hasil belajar siswa.

Kalimat penting yang saya dapatkan dari seorang guru adalah belajar itu menghadapi kehidupan bukan sekedar untuk lulus Ujian.

Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

14 thoughts on “Try out Menjelang Ujian Nasional

  1. meski ndak sreg dg sistem pelaksanaan UN dari tahun ke tahun selama ini, apa pun yang terjadi tetep saya lakukan, bu ita, termasuk try out. semoga kecurangan massal yang terus terjadi dari tahun ke tahun tak terjadi lagi utk UN tahun ini. salam sukses, bu ita.

  2. belajar itu menghadapi kehidupan bukan sekedar untuk lulus Ujian
    tapi, masalahnya bagi siswa,
    ujian bisa menjadi kerikil bahkan sandungan besar dalam jalan hidup mereka 😦

  3. Menurut saya unas tetap perlu, tapi jangan satu2nya dijadikan standar kelulusan. Nah, sebaiknya juga guru2 dan juga para pendidik **halaah** tidak usah membesar2kan “keangkeran” unas, agar mengurangi beban mental para siswa. Anggaplah unas itu sebagai tantangan yang biasa dalam kehidupan, tantangan kecil yang siapapun akan bisa mengawasi tantangan tersebut asal mempunyai determinasi kuat untuk mengalahkan tantangan tersebut, sama seperti di setiap hari kehidupan kita jika kita menghadapi sebuah tantangan…

  4. tantangan kecil yang siapapun akan bisa mengawasi tantangan…

    Seharusnya:

    tantangan kecil yang siapapun akan bisa mengatasi tantangan…..

    Sorry… salah ketik dikit! 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s