Pembelajaran TIK dengan puisi

Menurut Arsyad (2002:15) menyatakan bahwa dalam suatu proses pembelajaran, dua unsur yang amat penting adalah metode dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan guru lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.

Pencapaian tujuan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menciptakan suasana belajar secara kolaboratif, dan membuat siswa aktif.

Dalam pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sudah terbiasa menggunakan komputer dan alat IT lainnya. Tapi bagaimana jika menggunakan puisi dalam pelajaran TIK??? Itu yang akan saya gunakan!:mrgreen:

Saya akan meminta siswa untuk membuat puisi dengan kata2 yang berhubungan dengan Microsoft office yang sedang/telah mereka pelajari. Penggunaan puisi menjadikan siswa aktif dalam menulis dan mempresentasikan hasil karyanya. Saya mencoba hal baru dalam proses belajar mengajar ini bermanfaat bagi siswa diantaranya melatih berani mengekspresikan diri melalui kata2. Evaluasi pembelajaran ini bisa mencakup 3 ranah sekaligus, yaitu kognitif (menilai kemampuan siswa dalam menjabarkan materi TIK dalam puisi); psikomotorik (menilai keterampilan presentasi puisi siswa); afektif (menilai sikap dan tanggapan siswa saat pembacaan puisi).

Metode di atas sedikit bertentangan dengan keadaan yang terjadi sekarang, dimana hampir semua mata pelajaran menggunakan ICT (information and communication technology) sebagai media tapi saya guru TIK malah tidak menggunakannya. Huehehehe, saya hanya mencari sesuatu yang berbeda tetapi tetap mencapai tujuan indikator.

Semoga bermanfaat🙂

9 thoughts on “Pembelajaran TIK dengan puisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s