Gerhana Matahari vs Ibu Hamil

Menurut kabar dari detik, hari ini akan terjadi gerhana matahari. Apa itu gerhana matahari? Om wikiped bilang; gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bulan dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.
Ketika gerhana matahari, orang dilarang melihat ke arah matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan.


Gerhana Matahari 15 Januari 2010 terjadi di bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta.
Bagi kaum Muslim, pada saat terjadinya gerhana matahari dianjurkan untuk melakukan shalat sunnat gerhana (dua rakaat) sebagai bentuk mendekatkan diri pada Allah. Selain melaksanakan shalat sunat juga disarankan untuk berdoa dan berzikir agar terhindar dari segala bahaya.

Mitos yang beredar sampai saat ini bahwa wanita-wanita hamil disarankan tetap berada dalam rumah selama gerhana berlangsung untuk menghindari bayi mereka terlahir tak cacat. Doa-doa, puasa dan mandi ritual dianjurkan untuk dilakukan. Blogger lain juga ada yang membahas mitos tersebut. Antara percaya dan tidak… Wallhu’alam
Sebenarnya secara ilmu astronomi, gerhana matahari hanya suatu fenomena alam yang tak perlu ditakuti karena dalam perputaran tata surya ada waktunya posisi bulan berada antara matahari dan bumi.
Lalu apa yang saya lakukan hari ini? *Mengikuti nasihat orang2 tua* karena lagi hamil muda jadi saya tidak keluar rumah… :mrgreen:

22 thoughts on “Gerhana Matahari vs Ibu Hamil

  1. saya lg hamil 8bln…saya bekerja dikantor gmn dong….apa hrs didlm ruangan aja slm gerhana matahari berlangsung….kalo boleh tau…sekitar jam brp…trjdnya….??? krn hamil ank pertama….saran dr org tua kalo ada mgerhana matahari langsung ke kolong meja…” amit2 jabang bay si ” mintanya gk ada apa2…

  2. aku juga takut bgt neh, coz lg hamil 2 bln…
    apa iya harus ngumpet di kolong meja…
    mudah2an Allah selalu melindungiku dan Cabang Bayiku… Amien Ya Robbal Alamin

  3. wah, terima kasih infonya, bu ita. meski anak2 sdh besar, info ini menarik juga, meski antara percaya dan tidak. apa sih hubungan antara gerhana matahari dan calon janin? hmm … namanya aja juga mitos.

  4. Kadang2 nasihat orang tua itu merupakan bentuk kekhawatiran akan kesehatan dan keselamatan kita, kalo dipikir-pikir apa hubungannya gerhana dengan kehamilan ya?

    Gerhana Matahari atau Bulan itu mungkin merupakan Firman Allah untuk mengingatkan kita akan KebesaranNYA. Firman Allah itu kan bisa berupa tekstual yang 30 juz itu (ayat kauliah) dan bisa juga berupa ciri2 atau tanda2 kejadian alam sekitar kita (ayat kauniah) …Lihat saja kejadian Tsunami, Lumpur Lapindo, Gempa Bumi dimana-mana, dsb nya. Itu semua merupakan ayat kauniah yang di wahyukan oleh Allah kepada Alam semesta dengan segala isinya ini …

    Barangkali gambaran Ayat Kauliah (ayat tekstual) dalam al Qur-an surat al zalzalah ini bisa kita cermati : Apabila bumi diguncangkan dengan dahsyat, dan bumi mengeluarkan kandungannya, dan manusia bertanya mengapa jadi begini ? Pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah mewahyukan yang demikian kepadanya.

    Rasulullah pernah bersabda: Kalau kalian akan makrifat kepada Allah, hendaknya kalian memperhatikan seluruh alam ciptaan Allah (makhluknya) dan tidak usah memikirkan zat Maha Pencipta, sebab walau bagaimanapun juga kalian tidak akan menjangkaunya. (HR Buchari & Muslim).

  5. Waktu itu mendung euy…. jadi nggak bisa ngelihat gerhana matahari cincinnya. Walaupun di Bandung nggak sampai bentuk “cincin”nya sih. Padahal saya termasuk orang yang suka mengamati gejala astronomi seperti itu. 😦

    Jadi inget tahun 1980an dulu, gerhana matahari disiarkan langsung oleh TVRI, tapi anehnya kok RRI dulu juga menyiarkan langsung gerhana matahari, gimana caranya menyaksikan gerhana matahari lewat radio ya?? :mrgreen:

    • di Kota Pontianak juga mendung pak. jadi tidak kelihatan gerhananya. kalo di kabupaten Pontianak bisa terlihat gerhana yang mirip dengan logo merek komputerapple.
      huahahaha..tahun 1980 ita belum lahir pak :mrgreen:

  6. Mungkin maksud dari anjuran orang tua untuk tidak keluar rumah bagi ibu hamil mengandung hal hal positif, menurut saya sbg orang awam bisa saja jika ibu hamil keluar rumah lalu melihat matahari secara langsung kan berdampak bahaya, dan memang sebaiknya bagi muslimah apalagi sedang hamil lebih baik anjuran itu dipakai untuk selalu mengkhusyu kan diri mendekat pada Allah SWT.

  7. sya skrg lg hamil 6 bulan bu, tpi tdi sy keluar rumah beli minyak goreng ke warung pas gerhana. sy gak tau klo ibu hamil gak boleg kena cahaya matahari..
    smoga allah melindungi sy dan calon bayi sy dan terhindar dr hal hal buruk. amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s