Menurut kabar dari detik, hari ini akan terjadi gerhana matahari. Apa itu gerhana matahari? Om wikiped bilang; gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bulan dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.
Ketika gerhana matahari, orang dilarang melihat ke arah matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan.


Gerhana Matahari 15 Januari 2010 terjadi di bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta.
Bagi kaum Muslim, pada saat terjadinya gerhana matahari dianjurkan untuk melakukan shalat sunnat gerhana (dua rakaat) sebagai bentuk mendekatkan diri pada Allah. Selain melaksanakan shalat sunat juga disarankan untuk berdoa dan berzikir agar terhindar dari segala bahaya.

Mitos yang beredar sampai saat ini bahwa wanita-wanita hamil disarankan tetap berada dalam rumah selama gerhana berlangsung untuk menghindari bayi mereka terlahir tak cacat. Doa-doa, puasa dan mandi ritual dianjurkan untuk dilakukan. Blogger lain juga ada yang membahas mitos tersebut. Antara percaya dan tidak… Wallhu’alam
Sebenarnya secara ilmu astronomi, gerhana matahari hanya suatu fenomena alam yang tak perlu ditakuti karena dalam perputaran tata surya ada waktunya posisi bulan berada antara matahari dan bumi.
Lalu apa yang saya lakukan hari ini? *Mengikuti nasihat orang2 tua* karena lagi hamil muda jadi saya tidak keluar rumah… :mrgreen:

Advertisements