Cara Membuat Pengat KolPis

Apa itu Pengat KolPis???

Pengat merupakan istilah dalam bahasa Melayu atau Sambas yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah kolak.

Trus KolPis apaan?

KolPis itu singkatan Kolang-Kaling-Pisang, huehehehe.. *istilah dari eNPe*

Baiklah, sekarang kita sama belajar cara membuat Pengat KolPis.

1. Siapkan pisang 3 sisir *bisa beli ato panen* yang dipotong bentuk jajar genjang *ato bentuk lain sesuai selera*

2. Masukkan pisang dan kolang kaling ke dalam panci. Nah ini yang buat beda dgn kolak biasanya. :mrgreen:

3. Masukan air secukupnya, tunggu sampai mendidih lalu masukan gula merah secukupnya dan 1 kaleng susu kental manis. Satu lagi yang beda, disini tidak pake santan tapi diganti susu, huehehehe…

4. Tunggu sampai pisang n kolang-kaling agak lembut.

5. Siap dihidangkan dalam mangkuk.

6. Rasa akan semakin nikmat jika membuatnya dengan bumbu cinta . Artinya segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas n kesenangan maka hasilnya insya Allah akan lebih nikmat.

7. Selamat mencoba n semoga berhasil

Advertisements

11 thoughts on “Cara Membuat Pengat KolPis

  1. wew…. tambahan kosakata baru nih, bu ita, hehehe πŸ˜† jadi inet waktu ujian praktik memasak bagi anak2 menjelang ujian, haks… pernah juga praktik bikin kolak.

    =========
    kalau kolak ita ini di ujiankan bisa2 gak lulus pak. rasanya gak karuan, huahahaha πŸ˜†

  2. *blum lihat komentar lain*
    baru tahu kalo kolak itu bhs Melayu-nya = pengat
    kok bisa jauh beda dgn kebanyakan yg dipakai = kolak ya? πŸ™‚

    ============
    huehehe..namanya juga bahasa daerah, kang πŸ™‚

  3. Kalau saya entah kenapa lebih senang kolak ubi sama kolang kaling….. huehehe……

    Btw… kalau kolak duren enak nggak ya?? :mrgreen:

    ========
    selera masing-masing pak πŸ™‚
    hmmm..kolak duren ntar coba bapak buat dulu deh πŸ˜†

  4. HHmmm …

    Terbit liurku melihat kolak pisang …
    Jadi pingin kolak pisang …

    (ini yang diceritain kemaren di plurk ya Bu …)
    (ibu katanya ijin beli pisang dulu …)(hehehe)

    ==========
    huahahaha.. jadi ketahuan deh kalo s4 beli pisang πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s