eNPe menulis dengan gembira

Cihuuuuuuuy, dapat kiriman buku lagi dari abah.

Sebelumnya, abah pernah mengirim buku ini.

Terima kasih banyak abah…

Selain saya, pak sawali juga mendapatkan kiriman buku yang sama. Beliau telah posting duluan di sini.

Dalam buku menulis dengan gembira, abah kembali memberikan kata-kata motivasi untuk terus menulis..menulis..dan menulis. Menulis itu mudah! Hal pertama dalam menulis adalah tulis saja apa yang ada dipikiran, tanpa perlu mikir bagus atau tidak. Keluarkan semua dalam bentuk tulisan. Intinya adalah membangun self-image.

Kalau membangun gambaran diri sebagai orang bego, dilengkapi embel-embel status sosial serba minus, wajar saja self-image yang terbangun tidak positif. Tidak heran, kalau keluar kesimpulan, menulis itu sulit, sangat sulit. Konsep yang dipatenkan di pikiran menulis itu sulit, ya sulitlah jadinya.(halaman 20)

Jika kita mikir negatif; menulis itu sulit maka pasti akan sulit. Saya pernah membahas tentang apa yang kita pikirkan, itulah yang akan terjadi. Baik itu negatif atau positf. Jadi tidak ada istilah menulis menunggu mood, mantapkan self-image dan menulislah; begitu kata abah.

Berikut ini saya kutipkan lagi kalimat yang sangat penting dalam hal tulis menulis :

Karena itu, menulis ya menulis saja. Kalau ditanggap, syukur. Kalau dicaci, ya apa boleh buat, dan Alhamdulillah. Kita dapat belajar, menjadikan cacian sebagai pemotivasi. Yang jelas, menulis bukan karena hendak dipuji atau diperhatikan. Menulis karena memang inign menulis, dari dalam diri. (halaman 71)

Untuk menulis, kita perlu banyak membaca sebagai input lalu diproses oleh pikiran dan siap kan output tulisan. Segala hal bisa kita tulis. Semua kejadian bisa menjadi bahan tulisan. Mari menulis..menulis….dan menulis dengan gembira tentunya.

Setelah membaca buku abah ini, saya menjadi lebih plong untuk menuangkan apa saja yang ada di pikiran, di hati agar tersimpan dalam bentuk tulisan. Kenangan kejadian yang saya lewati akan dinikmati kemudian hari dalam tulisan-tulisan yang sederhana n sesuai gaya eNPe, hehehehe…

Pesan khusus untuk abah, kalau lain waktu mengirimkan buku lagi, kalau bisa tolong sertakan tanda tangan abah, kekekeke..

Terus menulis..menulis…dan menulis!

Advertisements

15 thoughts on “eNPe menulis dengan gembira

  1. Wah…. asik dong dapat buku lagi…. hehehe…. Nanti saya juga bikin buku deh karangan saya sendiri… judulnya: “Menulis Dengan Cuek”. Ada yang mau saya kirimi?? Wakakakak….. πŸ˜†

    =========
    Wuaahahahahaa..bolehlah pak nulis buku dengan judul itu. ntar kirimin ke ita ya? :mrgreen:

  2. selamat deh, bu ita, semoga sempat membacanya selama ramadhan ini sampai tuntas, hehehehe πŸ˜† selamat menunaikan ibadah puasa, bu, mohon maaf lahir dan batin

    ==========
    ita hampir selesai membacanya, pak πŸ™‚
    sama2 pak. maaf lahir n batin. met puasaaa πŸ˜€

  3. Ibu eNPe …
    Ah senangnya dapat buku baru …
    Judulnya asik pula …
    Menulis dengan Gembira …

    ======
    Iya pak, senang banget πŸ™‚

    hhmmm menarik … menarik …

  4. Karena itu, menulis ya menulis saja. Kalau ditanggap, syukur. Kalau dicaci, ya apa boleh buat, dan Alhamdulillah. Kita dapat belajar, menjadikan cacian sebagai pemotivasi. Yang jelas, menulis bukan karena hendak dipuji atau diperhatikan. Menulis karena memang ingin menulis, dari dalam diri. (halaman 71)

    menulis harus membaca dulu, jika tidak apa yang akan ditulis.

    iqra’ … bacalah

    ==========
    Yup, membaca merupakan modal kita utk menulis πŸ™‚

  5. Mba’….bukunya kalo udah selesai dibaca saya pinjam ya…., biar tulisan-tulisan saya juga uenak dibaca.

    =========
    Ita sudah selesai baca pak. Mau pinjam, antri sama mbak septy ya, huehehehe

  6. Menulis..!!!!
    Bagi saya itu adalah sesuatu hal yang sangat mudah klo dipikir, tapi kenyataannya menulis itu sangat-sangat susah.

    Kadang klo lg keliling naek motor.. pas liat anak kecil mandi di kali, jadi deh bukunya di kepala lengkap dengan model sampulnya… tapi begitu ada di depan komputer hilang deh semuanya.

    kenapa ya ???

    ========
    Mgk karena kebanyak mikir ini itu dan terbawa emosi jadinya gak tertuang dalam ketikan komputer. Tulis aja, apa yang ada di otak, hati dan pikiran. Kalau sudah selesai baru baca ulang trus tinggal dipilih apakah layak utn di publikasi kan atau hanya utk koleksi pribadi πŸ™‚

  7. hehhe…mbak site saya sudah berubah…

    hehhehe…informasi aja..

    oh iya mbak. dapat buku gratisan ya

    ada enggak buku panduan belajar ngedit html untuk yang newbie kayak saya

    πŸ˜€

    klo ada saya minta ya !!

    hehehhehehhe

    πŸ˜€

    =========
    mbak sudah liat blog baru adi, bagus bgt πŸ˜€
    weleh…weleh adi mah bukan newbie lagi. mbak malahan mau bljr dari adi :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s