Rahasia Lulus Ujian

Tulisan
ini sepertinya sedikit telat karena anak2 SMA/SMK/MA hari ini telah
selesai mengikuti UAN. Tapi setidaknya masih bisa digunakan bagi anak2
SMP/MTs dan SD. Insya Allah.

Tahun
ini pemerintah *yang bisanya cuma merintah* menaikkan standar kelulusan menjadi
5,25 dengan tambahan mata pelajaran jurusan.

Berbagai
usaha dan cara dilakukan siswa/I demi mendapatkan stempel lulus. Mulai dari
belajar sepanjang hari, dari subuh trus berangkat ke sekolah lanjut bimbel ini
itu sampe malam. Di rumah bljr lagi *sampe kurang tidur*. Ada juga yang bljr
detik2 terakhir sebelum ujian, sistem SKS. Kalo bimbel di luar
sekolah cuma bisa bagi mereka yang mampu. Sekolah juga tidak mau kalah
buat jadwal bimbel, ada yang dari jam
enam pagi sampe bel masuk sekolah tapi ada juga jadwal setelah pulang sekolah. Efektifkah
cara seperti di atas? Apa benar2 bisa membuat siswa/I jadi lebih pintar
sehingga bisa lulus ujian?

Seperti
yang kita ketahui bersama, banyak anak pintar dan cerdas tetap tidak lulus
hanya karena ada mata pelajaran yang nilainya di bawah standar. Tapi ada juga
anak yang selama sekolahnya biasa2 saja tapi bisa lulus dengan
mulus. Gak tau apakah hasil ujian tersebut untung2an atau lagi hoki
pas menghitamkan pilihan yang benar. Atau *parahnya* karena dapat bocoran
soal/jawaban dari oknum? Wallahu’alam

Sesuai
dengan judul di atas, ada rahasia yang saya berikan agar lulus ujian.

Rahasia
yang sederhana, saya yakin semua bisa melakukan.

Tapi
untuk mengetahui rahasia itu tidak bisa langsung dari tulisan ini, ada langkah2
yang harus Anda lakukan. Adapun langkah2nya antara lain :

1. Cari
buku Laskar Pelangi.

2. Baca
buku tersebut di Bab 29, halaman 401.

3. Disitu
Anda akan mengetahui gmn perjuangan Mahar dan Flo yang nilainya hancur lebur
berkeping2 bisa menjadi baik dan lulus ujian.

4. Kalau
Anda malas membaca keseluruhan Bab 29, bisa loncat ke akhir Bab pada halaman
424. Nah.. disitu ada pesan rahasia dari Tuk Bayan Tula.

5. Selamat
mencoba dan semoga berhasil.

15 thoughts on “Rahasia Lulus Ujian

  1. ….Berbagai usaha dan cara dilakukan siswa/I demi mendapatkan stempel lulus. Mulai dari belajar sepanjang hari, dari subuh trus berangkat ke sekolah lanjut bimbel ini itu sampe malam…
    –Berbagai usaha lain juga dilakukan para siswa seperti membuat catatan sepanjang 2 meter–
    –Usaha lain adalah melatih otot mata guna mempertajam penglihatan dan ini akan banyak berguna pada saat ujian—

    ** Hehehehe ** Bukan Pengalaman yeh ** Piss **

  2. sbnre apa yg dilakukan guru2 skrg tuch kurang efektif. gmn mo efektif siang ujian paginya ditambahin bimbel. yg belajar semaleman aja blom masuk ke otak semua dah ditambahin materi lg. sbnre kuncinya cm satu, belajar yg rajin walau cm bntr tp rutin. jgn lupa disertai do’a. semoga berhasil….

  3. wakakak… padahal udah tegang duluan liat akhir perjalanan Flo,cs bela-belain ngehampirin Tuk Bayan Tula, ternyataa..dimana2 petuahnya teteup sama ya, termasuk paranormal paling sakti :p

  4. Dulu ada pepatah: “Sedikit belajar sedikit lupa, banyak belajar banyak lupa, tidak belajar tidak akan lupa sama sekali!” Hehehe…. ya apanya yang lupa wong belajar aja belum kok, pantas saja! Tapi kalau difikir2 pepatah orang2 malas itu benar juga ya!
    **ditimpuk mbak Ita**

    Sekarang ada lagi pepatah baru orang malas:
    “Sedikit belajar tidak lulus, banyak belajar belum tentu lulus juga, jadi antisipasi biar nggak rugi dua kali mendingan sedikit belajar aja atau kalau perlu nggak usah belajar aja!” Wakakakak….. πŸ˜†
    **ditimpukin mbak Ita lagi**

  5. Bagus juga tuh ide ngambil tips belajar dari pengalaman 10 orang tokoh di Laskar Pelangi.

    Banyak buku yang bisa dijadikan inspirator.
    Sayangnya tak banyak orang yang memanfaatkan itu, termasuk adik-adik kita yang baru menyelesaikan UN.

    Tabik!

  6. # mriza
    kalo pengalaman pribadi juga gpp, bang πŸ˜›

    # adhit
    kyknya adhit cocok jadi guru,kekekeke…

    # pipiew
    hu’uh paranormal mantep tuh :mrgreen:

    # Yari NK
    puas rasanya 2 kali nimpuk pak Yari :))

    # zulfaisalputera
    iyah, byk pelajaran *secara langsung maupun gak langsung* dari kisah anggota LP πŸ™‚

    # ridu
    ada dirumah mbak πŸ˜›

  7. Dulu Saya termasuk anak yang kurang pandai di sekolah nilai ulangan harian jeblok melulu,guru guru juga enggak sreg dengan kurang Pandainya Saya
    Namun saat menjelang semesteran Saya belajar Wayangan/alias semalam suntuk.
    Sediain Kopi,Indomie,dan sebagianya…pokoknya niat banget.
    Dan Hasilnya di nilai Semesteran Saya Pasti mendapat nilai tinggi kadang no 1,dan Raport saya pasti kalau enggak rangking 2 ya rangking 3 ( belum pernah rangking satu sih)
    Saya diajari oleh lingkungan bahwa Sekolah adalah sarana untuk mencapai masa depan namun demikian Masa masa muda,masa masa kecil adalah masa yang harus dinikmati,masa yang harus dalam posisi tidak Stress mikir ujian.
    Jujur saja saya tidak habis pikir dengan cara pendidikan sekarang yang terlalu menekankan nilai hasil ujiannya bukan bagaimana anak didik nantinya bisa survive di dunia nyata.
    Banyak teman teman saya yang sehari harinya pintar ulangannya namun saat ujian Jeblok dan yan lebih parah merekapun dalam karir saat ini juga belum banyak dibanggakan.
    Dan kadang Guru guru juga heran dengan saya bahkan saat ujian SMA (saat itu masih pakai NEM) Saya mendapat Rangking no 3 ( itulah prestasi terbaik selama saya masih SMA).
    Jadi kuncinya adalah niat belajar ,bukan Stresing dengan les les segala macam (temen temen yang les malah jeblok nilainya)
    Thanks

  8. Mendingan ikut gue ritual aja yok….ke sungai kali…..jaga hihihi……!!MAMPUS gue tanggal 5 Mei 2008 kan gue UN NYONTEK SIAPA YA………!!EH TEMEN2 ADA YG TAU CARA NYONTEK YG BAIK DAN BENAR GAK……

  9. # Deni
    Huehehehe…iyah, udah selesai baca LP. Skrg lagi baca Edensor

    # anang (Guru yang pengusaha)
    saya di Pontianak (Kal-Bar)
    ngajar TIK

    # Latip
    terima kasih atas sharingnya πŸ˜€

    # Edi Psw
    itulah pak, anak jaman skrg makin gak genah. suka yang aneh2 n gak mau berusaha belajar scr maksimal

    # realylife
    baiklah, saya berdoa dulu πŸ˜€

    # ZXV
    skrg udah tgl 7, jadi dpt contekan gak? πŸ˜›

    # Fachia
    Wiew…makin canggih aja 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s