Teladan dari orang tua

Sekarang ini sudah banyak remaja menjadi korban mode/fashion yang berasal dari barat. Kebanyakan mode pakaian tersebut terlalu menonjolkan aurat. Hal tersebut tidak sesuai dengan budaya ketimuran yang kita anut. Selain itu, pengaruh media massa telah mendorong cepatnya budaya barat dikenal khalayak umum. Termasuk generasi muda yang banyak mencontoh kebudayaan negatif dari luar negeri. Bahkan mereka bangga jika bisa mengikuti mode tersebut.

Pengaruh kebudayaan dari luar memang sulit dibendung. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka harus dimulai dari rumah. Selama ini generasi muda banyak jadi korban mode karena kurangnya pendidikan moral n religi dalam keluarga. Sehingga jangan hanya menyalahkan anak yang terlalu menjadi korban mode. Karena di rumah orang tua jarang membina anaknya dalam penyaringan kebudayaan barat.

Sebaiknya orang tua sejak dini memberikan nasihat dan teladan bagi anaknya bagaimana seorang muslim/muslimah berpakaian baik dan seperti apa kebudayaan yang ada di Indonesia. Orang tua perlu memberikan contoh yang baik, tidak hanya sekedar omongan belaka.

Mendidik anak harus diiringi kekuatan akhlak yang baik dari para orang tua. Sebab jika tidak, akan memperlemah atau menimbulkan kekecewaan dan konflik batin dalam diri anak. Bagaimana pun juga, anak akan melihat sikap dan perilaku kedua orangtuanya. Kegigihan orang tua dengan serius akan memberi suri teladan bagi anak2nya, ini adalah pendidikan yang tidak ternilai.

Sekali lagi, orang tua adalah orang pertama yang akan dijadikan contoh hidup bagi anak2nya. Mengapa terkadang nasihat2 orang tua terhadap anak2nya tidak pernah dituruti? Bukan berarti nasihat itu buruk, tetapi ada hal lain yang patut dievaluasi. Kemungkinan besar, anak tahu sifat orang tuanya. Tetapi ada ketidaksesuaian antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan.

Tidak akan mudah mengurus anak kalau kita kurang ilmu dan tidak menjadi suri teladan bagi mereka. Kunci lainnya adalah sertailah anak dengan doa terus menerus. Kemampuan kita mendidik dan mengurus anak memang terbatas, tetapi kemampuan Allah tidak pernah terbatas.

Wallahu’alam

5 thoughts on “Teladan dari orang tua

  1. Yah, susahnya bukan karena kebudayaan baratnya itu yang masuk ke dalam masyarakat kita, namun lebih karena kitanya sendiri yang tergoda untuk mengikutinya…… bukan begitu?? πŸ˜€

    Hu’uh, kita emang mudah tergoda jadinya harus punya benteng utk menangkis itu semua πŸ˜€

  2. Ibu NP …
    Ya betul ini bu …
    Kadang kita sebagai orang tua bisa cuma menyalahkan guru sekolaaaah terus …
    Padahal porsi pengaruh utama itu ada di Rumah dan Lingkungan ya …

    Makasih bu …

    Yup betul, semua berawal dari komunitas terkecil n terdekat yaitu keluarga πŸ™‚

  3. yah memang perlu kesabaran khusus dan kelihaian mendidik anak supaya tidak salah didik… n membangkang sama orang tua…

    kita juga perlu belajar psikologi *terapan* utk mendidik anak πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s