eNPe Pengangguran

Sejak pengumuman hasil tes CPNS, saya menghadapi persoalan baru yang harus segera diselesaikan. Apa itu?! Persoalan dengan kerjaan yang sekarang saya lakukan. Saat ini saya masih aktif mengajar di dua SMP Negeri di Pontianak. Karena saya telah lulus tes CPNS, otomatis kerjaan tersebut harus ditinggalkan. Nah Loh?! Bagaimana dengan anak2 disana???

Belum ada kepastian kapan SK CPNS keluar n tgl berapa mulai kerja di markas baru (SMA Negeri di Pontianak). Dapat info dari si abang, katanya bulan Pebruari SK keluar n itu pun gak bisa dipastikan, mungkin bisa molor sampe bulan Maret.

Di dua SMP tersebut saya mengajar kelas sembilan yang sisa empat bulan lagi menghadapi UAN. Dan SK sepertinya tidak mungkin keluar menunggu pertengahan tahun 2008. Terlalu lama. Apalagi formasi yang diterima Pemkot Pontianak hanya lima puluh sembilan orang.

Anggaplah SK keluar bulan Maret, saya baru mengundurkan diri mengajar SMP bulan Maret juga. Rasanya eNPe terlalu egois. Masih mengajar sampai SK keluar dan langsung meninggalkan anak2 di akhir masa pembelajaran mereka 😦 Anak2 pasti kaget dengan perubahan guru yang tiba2 dan perlu penyesuaian dengan guru baru tetapi guru itu hanya mengajar ± 1 bulan trus mereka siap menghadapi ujian sekolah. Hal tersebut pasti berpengaruh kepada anak2 secara psikologis n mungkin hasil ujian mereka tidak seperti yang diharapkan. Hiks…

Oleh sebab itu, saya putuskan mulai 1 Pebruari 2008 tidak mengajar di SMP lagi *eNPe pengangguran mode on* Hal ini saya lakukan demi kebaikan anak2, supaya mereka punya waktu lebih lama utk beradaptasi dengan guru yang baru. Lain guru tentu lain gaya pembelajaran. Lain karakter yang dihadapi. Walaupun materi yang diberikan sama tapi bagaimana cara penyampaian materi itu yang lebih utama.

Bulan Pebruari sampe SK keluar, kegiatan pagi hari tidak padat lagi. Untuk memanfaatkan waktu kosong tersebut, saya akan lebih sering bersilaturahmi ke “rumah” tetangga *eits! Uang buat ke warnet dari mana? Kan udah jadi pengangguran* atau beresin rumah, melakukan proses utk mewujudkan point 7 *semoga bisa terlaksana*

Jadi utk sementara eNPe *bu guru mode off*.

Yang ada sekarang eNPe *pengangguran mode on*.

Kalo SK udah keluar, baru eNPe kembali *bu guru mode on*

10 thoughts on “eNPe Pengangguran

  1. Bagi Enpe yang kreatif,
    pasti ga ada tuh istilah nganggur..

    yang ada mengatur langkah kembali..

    huehue..yup bener pak, mengatur lagnkah kembali 😀

  2. Wah, selamat Bu Ita, sebentar lagi aku bakal ikut menikmati syukurannya, nih, hehehehe 😆 Bu Ita ndak nganggur, kok, Bu Ita tetap Bu Guru. Masalah tugas kan bisa di mana saja. Semoga dengan status PNS, Bu Ita makin inovatif dan kreatif dalam mengemas kegiatan pembelajaran.
    *Beralu, tepuk tangan sambil menunggu bancakan, hiks*

    Terima kasih, pak 🙂 Doakan ya pak semoga ita tetap istiqomah 😀

  3. mending jangan berhenti dulu di tempat yang lama, pengalaman pribadi, pengumuman Januari, SK CPNS sih tertanggal Februari akhir, cman baru di panggil akhir Maret, dan baru mulai masuk April, lama kan nunggunya.

    dulu nyesel juga pas pengumuman langsung ngundurin diri dari tempat yang lama, gak taunya nganggur 3 bulan, BETE abis hehehe…

    ita udah stop, bang 🙂 gpp lah nganggur bentar jadi ada waktu utk istirahat n persiapan utk kerja yang baru 😀

  4. Saya turut gembira dengan pengangkatan CPNS-nya, tetapi jangan lupa budaya nulisnya tetap dipertahankan, sekaligus juga kembangkan inovasi pembelajarannya. Hasilnya publikasikan melalui situs ini, supaya setiap orang bisa mengaksesnya.

    Sekali lagi selamat dan terus berkarya !
    Salam

    Let’s talk about education

    Terima kasih, pak.
    Insya allah, pengetahuan n pengalaman yang ita peroleh di dunia pendidikan akan ita publikasikan di sini.

  5. ngajar saye aja bu guru, entar bu guru tentukan jadwalna gimana, kan jadi ada kerjaan, tapi saye bayar pakek koneksi warnet, gimana :-p

    weleh..weleh..kalo muridnya cangak, ita gak sanggup ngajar. kan muridnya lebih pinter dari pada guru. nyerah deh. silahkan cari guru lain 😛

  6. Selamat … hidup ini adalah pilihan. Suatu ketika kita harus memulai sesuatu dan juga meninggalkan sesuatu. The lie is change, change in progress. Dus, … yang paling penting di setiap etape berbuat yang terbaik. Sekali lagi, selamat.

    Terima kasih, abah 🙂 ya, inilah perjalanan hidup ada kalanya memulai dan tentu ada kalanya ,mengakhiri 😀

  7. MODE sok menghibur ON

    Ya udah nggak papa yg penting kan menganggurnya untuk sementara aja, setiap orang pasti pernah kok jadi pengangguran sementara, apalagi waktu baru lulus dari kampus, pasti banyak yang jadi pengangguran sementara termasuk saya! 😀

    MODE menghibur OFF

    Yah, pokoknya setiap hidup dinikmati aja deh, masih banyak juga tuh rekan2 mbak eNPe yang gagal jadi PNS atau jadi penangguran ‘permanen’, yah disukuri saja karena hasil kerja keras mbak eNPe ini ternyata sudah mulai menuaikan hasil….. tidak sia2 kan?? 😀

    Alhamdulillah, wajib bersyukur n bersabar menikmati hidup. Begitu kan, pak? 🙂
    saya terhibur dgn kata2 bapak 😀

  8. Hmmm gitu yachh… Waktu Angga dulu… Ga nunggu SK keluar. Desember pengumuman kelulusan. Berbekal ST dari kepegawaian Poltekkes, Januarinya udah disuruh masuk. SK keluar per Juni kalau nda salah.Jadi, ngga sempet nganggur seih…

    Oh, gitu cerita waktu Mba Angga… Tapi cerita kita berbeda, Mba 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s