“Duh…gimana sih maksud tulisan ini, kok udah baca 3x masih gak paham juga”

“Oh ternyata seperti itu..,mudah banget! Seru euy”

Dua potongan kalimat di atas mrpk contoh ungkapan terhadap suatu tulisan yang telah dibaca. Terkadang kita merasa bingung apa sih yang mau disampaikan penulis. Sepertinya mutar2, gak karuan, gak jelas gt. Tapi bisa juga kita merasa enjoy, enak membacanya dan seolah2 sedang “berbicara” dengan penulis.

Menjadi seorang penulis menurut saya gampang2 susah *ato susah2 gampang ya?* 😀 Kita mesti punya kemauan untuk membaca berbagai tulisan, artikel dll yang sebetulnya banyak sekali & dapat di ambil secara gratis di Internet, terus menambah pengetahuan & pengalaman. Hal tersebut bisa berpengaruh pada pola pikir, cara penulisan, kosa kata, tata bahasa (EYD) sehingga komunikasi satu arah yang kita lakukan menjadi “percakapan yang hangat” antara penulis dengan pembaca.

Komunikasi lewat tulisan tidak semudah komunikasi lewat telpon, chat ato bicara F2F dsb. Contoh kasus pada waktu saya membuat modul sederhana dibidang komputer. Yang namanya pelajaran komputer itu kan mayoritas praktek dan hal2 teknis di lapangan, tapi ternyata untuk menulis satu sub bab, saya memerlukan waktu 2-3 hari, padahal apa yang saya tulis itu dapat dipraktekan dalam waktu 20-30 menit. Fuiiiih… Ketebalan modul yang saya buat bukan karena saya pandai mengarang *pelajaran yang membosankan sejak eSDe* ato merangkai kata2 melainkan lebih banyak gambar. Tugas saya hanya memberikan penjelasan ato keterangan dari gambar2 yang ada. Saya mesti memikirkan bagaimana penjelasan yang tepat, membaca kembali tulisan yang ada apakah kalimatnya pas, cucok dengan target pembaca *murid2* shg mereka bisa memahami modul saya. 😀

Semakin banyak pengetahuan & pengalaman kita menyebar ke masyarakat melalui berbagai media (bahkan yang gratis sekalipun), maka Insya Allah rezeki akan datang kepada kita berlipat ganda, sesuai janji Sang Pencipta.

Nah, bagi pembaca tulisan ini, ada yang bersedia berbagi cerita ato tips ato apapun ttg dunia tulis menulis??

Advertisements