Menjadi Seorang Penulis

“Duh…gimana sih maksud tulisan ini, kok udah baca 3x masih gak paham juga”

“Oh ternyata seperti itu..,mudah banget! Seru euy”

Dua potongan kalimat di atas mrpk contoh ungkapan terhadap suatu tulisan yang telah dibaca. Terkadang kita merasa bingung apa sih yang mau disampaikan penulis. Sepertinya mutar2, gak karuan, gak jelas gt. Tapi bisa juga kita merasa enjoy, enak membacanya dan seolah2 sedang “berbicara” dengan penulis.

Menjadi seorang penulis menurut saya gampang2 susah *ato susah2 gampang ya?*😀 Kita mesti punya kemauan untuk membaca berbagai tulisan, artikel dll yang sebetulnya banyak sekali & dapat di ambil secara gratis di Internet, terus menambah pengetahuan & pengalaman. Hal tersebut bisa berpengaruh pada pola pikir, cara penulisan, kosa kata, tata bahasa (EYD) sehingga komunikasi satu arah yang kita lakukan menjadi “percakapan yang hangat” antara penulis dengan pembaca.

Komunikasi lewat tulisan tidak semudah komunikasi lewat telpon, chat ato bicara F2F dsb. Contoh kasus pada waktu saya membuat modul sederhana dibidang komputer. Yang namanya pelajaran komputer itu kan mayoritas praktek dan hal2 teknis di lapangan, tapi ternyata untuk menulis satu sub bab, saya memerlukan waktu 2-3 hari, padahal apa yang saya tulis itu dapat dipraktekan dalam waktu 20-30 menit. Fuiiiih… Ketebalan modul yang saya buat bukan karena saya pandai mengarang *pelajaran yang membosankan sejak eSDe* ato merangkai kata2 melainkan lebih banyak gambar. Tugas saya hanya memberikan penjelasan ato keterangan dari gambar2 yang ada. Saya mesti memikirkan bagaimana penjelasan yang tepat, membaca kembali tulisan yang ada apakah kalimatnya pas, cucok dengan target pembaca *murid2* shg mereka bisa memahami modul saya.😀

Semakin banyak pengetahuan & pengalaman kita menyebar ke masyarakat melalui berbagai media (bahkan yang gratis sekalipun), maka Insya Allah rezeki akan datang kepada kita berlipat ganda, sesuai janji Sang Pencipta.

Nah, bagi pembaca tulisan ini, ada yang bersedia berbagi cerita ato tips ato apapun ttg dunia tulis menulis??

32 thoughts on “Menjadi Seorang Penulis

  1. Pertamaaaaxxx…😀

    tips dunia tulis menulis versi fie : “menulislah seperti engkau berbicara”, memposisikan diri sebagai lawan bicara, dan memahami jenis / golongan pembaca sesuai dengan sasaran tulisan.

  2. wah saya juga punya pengalaman yang sama, saya juga pernah membuat modul untuk materi php, ternyata emang susah kalo di tuangkan dalam kata-kata, akan lebih mudah kalo di coba langsung

  3. ciieeeeee…… selamat ya!😀

    Omong2 kapan neh makan2nya?😀 (kumat, biasa, orang Indonesia sedikit2 makan2, sedikit2 makan2 huehehehe…)

    Kalau nggak, kirim voucher makan gratisnya juga ngga papa kok!😀

  4. menjadi seorang penulis yg paling penting adalah konsentrasi pada ide awal, karena kadang kala kita dibawa kesana kemari sama penulis (sering gk jelas) dan akhirnya kita jadi bingung apa maunya sang penulis tersebut

  5. # pipiew
    Makaci atas saran tante fie😀

    # ayahshiva
    Yeah, begitulah nasib kita mas. Sudah terbiasa di praktek & teknis jadi perlu waktu utk menuangkannya dalam teori🙂

    # Imam Mawardi
    Iya ya..tulis ajah, biar editor yg periksa benar salahnya😀

    # Freddy Hernawan
    Oce bos, ita lgsg ke TKP🙂

    # Yari NK
    Terima kasih bapakku…
    Huehehe..ntar ita kirim pake FedEx voucher makannya *merampot mode on*

    # hoeda
    Nah, itu dia masalahnya😀

    # priscilla
    ok, konsentrasi penuh😀

  6. cita cita dari dulu pengen banget jadi penulis/journalis,karena kata nya orang yang di naungi zodiak aquarius adalah tipe tipe penghayal…dan itu betul sekali …daripada ngehayal yang jorok jorok kan lebih baik di tuangkan ke tulisan,setuju gak??? …ada saran supaya jadi penulis yang baik dan benar seperti Enpe ga??salam kenal

  7. # Yana Mulyana
    aquarius juga? sama dunk! tgl brp?😀 *halah kok jadi mbahas ini*
    eNPe aja masih belajar gimana cara menjadi seorang penulis:mrgreen:
    salam kenal juga, terima kasih udah mampir🙂

  8. menjadi penulis merupakan keharusan karena sejak sd sampai kita telah tua pun tidak akan pernah lepas dari aktivitas menulis, yang perlu diperhatikan yaitu apa yang akan kita tulis, apakah bermanfaat bagi orang lain, mulailah dari dini kita kembangkan minat kita menjadi penulis

  9. Dasar menulis adalah niat. Kalo udah niat, sebisa mungkin kita harus bisa menjaga ritme niat yang konstan, sehingga bisa terhindar dari yang namanya mood-mood-an.
    Dan satu hal yang penting, jangan percaya sama “ilham” (soalnya dia itu adalah tetangga gw yang agak-agak nggak waras). Eh, maksudnya, jangan terlampau menggantungkan “ilham” untuk menghasilkan tulisan. Tapi, jadikanlah “ilham” sebagai bonus yang akan memberi arti lebih dalam tulisan kita. Karena sepenuhnya, dasar menulis itu berasal dari “fikiran yang dituangkan ke dunia nyata dalam bentuk rangkaian kata”. Jelas, kuncinya adalah “pemikiran”.
    Seperti sebuah artikel yg pernah saya baca (saya lupa judul artikelnya apa) Menulis itu adalah melawan kekosongan.
    Sekali lagi dengan “niat” yang kostan dalam menuangkan sebuah gagasan yang berasal dari suatu “femikiran” maka kekosongan itu akan bisa dilawan. Hal ini akan jauh lebih efektif, dibandingkan dengan hanya mengandalkan “ilham” saja😀

    Salam kenal
    thebuku.wordpress.com

    Terima kasih atas sharingnya. salam kenal juga😀

  10. salam kenal.. pengen banget jadi seorang penulis yang baik, tapi kadang takut kalau isi dari tulisan menyimpang dari kebenarannya.. Boleh minta saran agar menjadi penulis yang baik dan benar? maturnuwun

  11. saya masih pelajar kelas 2 sma. saya ingin menjadi seorang penulis. tapi sulit banget menurutku. mulai dari kata-kata untuk sebuah kalimat yang baik.
    bisa bantu saya?

    • pertama kali harus ganti “menulis itu sulit” menjadi “menulis itu mudah”. untuk menjadi seorang penulis, segeralah menulis sekarang juga. biasakan setiap hari ada tulisan tentang apa saja. tidak perlu takut dengan kalimat atau kata2 yang baik. setelah mahir menulis, lama-kelamaan memperbaiki kualitas tulisan. semoga bermanfaat🙂

  12. aslkm…ukhti..saya fitri, slam knal yh, oya kasih vitri tips2 bwt mjd seorang penulis yg profesional pda usia muda sprti saya ini yg msih bnyak kegiatan, apkh msih smpat bwt mengarang sebuah bku???/ timakasih..

  13. halo semua…
    aku sih udah bisa nulis-nulis cerpen gitu dech,cuma masalahnya aku nggak tau mesti di bawa kemana semua ide-ide aku itu. kalo ada yang tau tolong aku yah,,dada…

  14. Terima kasih atas ilmunya…

    Menulis rasanya terlihat sangat mudah…dari kecil sejak pertama kali masuk sekolah dasar kita sudah belajar menulis…hanya saja masalahnya bagaimana agar yang kita tulis dapat dipahami maksudnya.

    Pengalaman saya waktu menulis skripsi sangat membuat saya paham…apa yang saya mengerti belum tentu dapat sepaham dengan yang membacanya..buktinya dosen pembimbing saya bilang tulisan saya terlalu luas…hehehehe

    Memang harus fokus dalam menulis…
    Semangat bagi para jurnalis yang selalu berkarya…!!!

  15. terkadang banyak yang ingin saya sampaikan dengan sebuah tulisan, tapi saya sering sekali terbentur dengan pemakaian bahasa dan pendeskripsian.

    saya suka membaca novel-novel yang memakai penjabaran yang sedikit “nyastra” tapi saya selalu tidak bisa mengungkapkan kata-kata dalam cerita yang saya buat dengan kata-kata yang tepat.

  16. Assalamualikum wr. Wb.
    Maaf saya sebelumnya, blh kah saya ikut bergabung menjadi penulis yg baik?🙂
    Sy nano ingin brtnya?🙂
    Ketika, mata, hati, jiwa, raga, n di sekitar kita. Baik dlm ato luar? Dpt mmhmi antr 1 tuk semua.Trims tuk tmpt n wkt.

  17. wah….. komentar nya semua bagus-bagus.. bisa menjadi masukkan buat saya yang masih newbe belajar nulis.
    Untuk menjadi seorang penuis yang baik, menurut saya mungkin ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Diantaranya :
    1. gunakan setiap ejaan dengan benar sesuai EYD
    2. tentukan topik utama (hal ini berguna agar kita bisa fokus)
    3. tentukan judul yang menarik (agar pembaca tertarik)
    4. buat kerangka karangan (agar lebih mudah menuangkan setiap rangkaian kata yang hendak kita goreskan lewat tinta)

Leave a Reply

