Menjadi Pendidik Sukses

 

Petualangan di tempat kerja yang baru membuat saya harus lebih giat menambah ilmu, mencari n bertanya pengalaman dari rekan2 yang telah sukses sebelum saya. Seperti yang tante bilang, saya harus bawa pawang untuk menjinakkan yang liar πŸ˜€

Dulu kita beranggapan pengalaman adalah ilmu yang baik tetapi skrg pengalaman orang lain adalah ilmu yang baik. Ya, melalui pengalaman orang lain yang telah sukses tentu kita akan tahu bagaimana proses yang dijalaninya, kita bisa mencontoh atau mengambil hikmah dari situ. Jika orang lain telah melewati jalan yang akan kita lewati, otomatis kita akan tahu letak jalan lurus, ada belokan atau lubang dan jalan yang rusak sehingga kita tidak akan mengulangi kesalahan mereka.

Selanjutnya kita tinggal menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang kita alami. Karena setiap pendidik memiliki karakter, gaya yang berbeda dalam mendidik siswa2nya. Begitu juga dengan bidang studi yang diajarkannya.

Tugas seorang pendidik tidak terbatas pada pemenuhan otak siswa saja dengan berbagai ilmu pengetahuan. Namun seorang guru juga harus mengajarkan pendidikan menyeluruh yang memasukkan beberapa aspek akidah dan tata moral. Oleh karenanya, seorang pendidik yang sukses harus mampu menjadikan perkataan dan tingkah laku siswanya di kelas selalu berlandaskan kepada petunjuk Nabi yang benar.

Ia harus bisa ikhlas dalam segala aktivitasnya hanya untuk Allah dan tidak karena harta. Jika ia diberi gaji atau honor meskipun itu sedikit, ia tetap bersyukur *tantangan yang cukup berat*. Kalaupun tidak diberi, ia tetap bersabar dan Allah akan meberi rezeki kepadanya di dunia dan akan dicatat sebagai pahala di akhirat.

Syarat Pendidik yang Sukses (Muhammad Jameel Zeeno, 1999 : 47-54) :

  1. Yang bersangkutan harus menguasai bidang yang diajarkannya. Ia juga memiliki inovasi dalam praktik pengajarannya, mencintai pekerjaan dan siswanya, mengerahkan segala potensi yang dimilikinya dalam penddikan untuk mencapai pendidikan yang baik dan membekali diri dengan pengetahuan yang bermanfaat.
  2. Ia juga harus bisa menjadi contoh yang baik bagi yang lainnya, baik dalam perkataan maupun perbuatannya.
  3. Ia harus melaksanakan terlebih dahulu apa yang ia perintahkan kepada murid2nya, mulai dari tingkah laku, akhlak, dan ilmu yang diajarkan. Jangan sampai ia melakukan suatu perbuatan yang bertentangan dengan apa yang dikatakannya sendiri.
  4. Seorang pendidik harus mengetahui bahwa tugasnya sebagai guru menyerupai tugas para Nabi yang diutus oleh Allah untuk mengajarkan petunjuk kepada umat manusia. Ia juga harus bisa mencintai mereka layaknya orang tua. Ia bahkan dianjurkan mau berbuat baik dalam membantu anak didiknya dalam menyelesaikan masalah dan hal yang lain, yang merupakan bagian dari tanggung jawabnya.
  5. Seorang pendidik harus berbeda kadar keluhuran akhlak, tingkat pendidikan, dan kecerdasannya. Oleh karena itu, ia berkewajiban untuk berusaha memperbaiki akhlaknya dan menambah pengetahuannya.
  6. Seorang pendidik sukses akan senantiasa saling tolong menolong dengan rekan seprofesinya sesama pendidik.
  7. Pengakuan terhadap suatu kebenaran merupakan suatu hal yang utama. Oleh karenanya, seorang pendidik yang ingin sukses harus tunduk pada kebenaran dan tidak segan meninjau kembali kesalahan2 yang dilakukannya.
  8. Seorang pendidik hendaklah senantiasa berlaku jujur dalam bertutur. Ingatlah bahwa semua kejujuran pasti membawa kebaikan. Jangan sekali2 mendidik siswa dengan berdusta walaupun hal itu menguntungkan.
  9. Seorang pendidik hendaklah bisa menghiasi dirinya dengan sifat sabar pada saat menghadapi permasalahan dengan para siswa dan pelajarannya. Hanya dengan bersabar, ia bisa tertolong untuk melakukan dan meyelesaikan aktivitas yang mulia.

 

Semoga saya, Anda dan seluruh pendidik Indonesia dapat memenuhi syarat menjadi pendidik yang sukses !!! Sehingga kelak, masa depan bangsa kita menjadi lebih baik.

 

Wallahualam

6 thoughts on “Menjadi Pendidik Sukses

  1. menjadi pendidik adalah pekerjaan mulia. menuturkan ilmu kepada orang lain sebagai pengajar adalah semacam jalan hidup lebih dari sekedar pekerjaan, tidak bisa diukur dengan uang.

    “saya harus bawa pawang untuk menjinakkan yang liar “, pawang ular ya?? he he he πŸ˜€

    ya, secara teori pendidik emang pekerjaan mulia dsb, tapi gak semua pendidik bisa menerapkan teori tsb πŸ˜€
    bukan pawang ular, mas. tapi pawang merah dan pawang putih πŸ˜›

  2. Lah… kalau orang yang sudah melewati kita tiba2 masuk lubang, terus kita ‘kan jadi kehilangan arah! Lantas kalau itu orang masuk lubang, kita ngapain lalu? Paling bagus nutup itu lubang ya, biar dianya nggak bisa keluar! Huehehehe…. jahat banget! :mrgreen:

    huahaha..bulan puasa, pak. ga baik jahat begitu πŸ˜€

  3. aamin…seandainya semua pendidik punya tekad yang kuat kek mbak eN, betapa indahnya dunia pendidikan Indonesia..
    karna menurut pengalaman selama kurang lebih 16 taun bergulat di dunia pendidikan formal, “pendidik” merupakan komponen utama dalam membangkitkan semangat menimba ilmu *makanya dulu sering protes kalo pas ga dapet pengajar yang enakeun* πŸ˜€

    pengajar beda dengan pendidik. pendidik itu juga manusia biasa yg pasti punya kelebihan dan kelemahan πŸ™‚

  4. Seems like all the American Idol people are going to judge for the show X-factor. I hope it’s true that Paula is going to join on that show. Simon and Paula always seemed like a great combination. They balance each other out and and even though they might not like one another I think a lot of people will want to see them on the same show together.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s