Puasa Bulan Rajab

Assalamu’alaikum Wr..Wb..
sahabat-sahabat yang dirahmati Allah SWT .

Bismillaahirahmanirrohiim.
Saudara-saudaraku yang budiman,
Bulan Rajab adalah bulannya Allah. Mari kita simak ada apa di balik
bulan Rajab itu.
Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda,
“Ketahuilah bahwa bulan Rajab itu adalah bulan ALLAH, maka:
* Barang siapa yang berpuasa satu hari dalam bulan ini dengan ikhlas,
maka pasti ia mendapat keridhaan yang besar dari ALLAH SWT;
* Dan barang siapa berpuasa pada tgl 27 Rajab 1428/Isra Mi’raj
( 11 Agustus 2007 ) akan mendapat pahala seperti 5 tahun
berpuasa;
* Barang siapa yang berpuasa dua hari di bulan Rajab akan mendapat
kemuliaan di sisi ALLAH SWT;
* Barang siapa yang berpuasa tiga hari yaitu pada tgl 1, 2, dan 3
Rajab maka ALLAH akan memberikan pahala
seperti 900 tahun berpuasa dan menyelamatkannya dari bahaya dunia,dan siksa akhirat;* Barang siapa berpuasa lima hari dalam bulan ini, insyaallah permintaannya akan dikabulkan;

* Barang siapa berpuasa tujuh hari dalam bulan ini, maka ditutupkan tujuh pintu neraka Jahanam dan barang siapa berpuasa delapan hari maka akan dibukakan delapan pintu syurga;

* Barang siapa berpuasa lima belas hari dalam bulan ini, maka ALLAH akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan menggantikan kesemua kejahatannya dengan kebaikan, dan barang siapa yang menambah (hari-hari puasa) maka ALLAH akan menambahkan pahalanya.”

Sabda Rasulullah SAW lagi :
“Pada malam Mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”
Maka berkata Jibrilb a.s.:
“Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau dibulan Rajab ini”.

Dalam sebuah riwayat Tsauban bercerita :
“Ketika kami berjalan bersama-sama Rasulullah SAW ke sebuah kubur, lalu Rasulullah berhenti dan beliau menangis dengan amat sedih, kemudian beliau berdoa kepada ALLAH SWT. Lalu saya bertanya kepada beliau:”Ya Rasulullah mengapakah engkau menangis?”
Lalu beliau bersabda :”Wahai Tsauban, mereka itu sedang disiksa dalam kubur nya, dan saya berdoa kepada ALLAH, lalu ALLAH meringankan siksa atas mereka”.

Sabda beliau lagi: “Wahai Tsauban, kalaulah sekiranya mereka ini mau berpuasa satu hari dan beribadah satu malam saja di bulan Rajab niscaya mereka tidak akan disiksa di dalam kubur.”

Tsauban bertanya: “Ya Rasulullah,apakah hanya berpuasa satu hari dan
beribadah satu malam dalam bulan Rajab sudah dapat mengelakkan dari siksa kubur?”

Sabda beliau: “Wahai Tsauban, demi ALLAH Zat yang telah mengutus saya
sebagai nabi, tiada seorang muslim lelaki dan perempuan yang berpuasa satu hari dan mengerjakan sholat malam sekali dalam bulan Rajab dengan niat karena ALLAH, kecuali ALLAH mencatatkan baginya seperti
berpuasa satu tahun dan mengerjakan sholat malam satu tahun.”

Sabda beliau lagi: “Sesungguhnya Rajab adalah bulan ALLAH, Sya’ban Adalah bulan aku dan bulan Ramadhan adalah bulan umatku”. “Semua manusia akan berada dalam keadaan lapar pada hari kiamat, kecuali para nabi,keluarga nabi dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Rajab,Sya’ban dan bulan Ramadhan.

Maka sesungguhnya mereka kenyang, serta tidak akan merasa lapar dan haus bagi mereka.”

Wassalamu’alaikum wr.wb

Nyontek dari : milis FIF

Advertisements

10 thoughts on “Puasa Bulan Rajab

  1. Emang kedengeran telat sih krn sekarang sdh pertengahan Rajab. Satu setengah bulan lagi Ramadhan bukan?

    Di blog-blog atau milist pro-kontra puasa dan amalan Rajab udah jadi menu hangat setiap jelang bulan Rajab. Tinggal googling amalan bulan rajab, sejumlah artikel langsung menggelontor.

    Sayangnya sy pribadi byk dapati hadits tentang bid’ah rajab dengan sanad yg lebih lengkap ketimbang sunah rajab yg biasanya hanya tertulis : Hadits Nabi mengatakan …bla-bla-bla tanpa menyebutkan sumber2nya baik sanad maupun kitab dan pengarangnya.

    Rasanya disinilah kita bisa mulai mendalami hal-ikhwal tentang amalan di bulan rajab. Nuritaputranti mau kan kasih tambahan asal hadits2 yg ditulis diatas? Apapun kualitas haditsnya (asal bukan maudhu’ krn itu bukan hadits). Setelah itu barulah kita pilah, hadits ini sahih menurut ulama A, tapi didhaifkan oleh ulama Bi dg alasan salah satu perawinya tidak dikenal (dlm pengamatan ulama B) dst. Dan misalnyapun hadist tsb dhaif, maka oleh ulama C, D, E, F, G amalan tsb tetap boleh dilakukan sbg fadhail amal, sedang menurut ulama H, I, J, K, L tidak boleh mengamalkan ibadah yg berasal dr hadits dhaif.

    Nah, pembaca tinggal memilih mau ikut yg mana …

  2. woi ngeributin bid’ah…sunah atw haram loe2 semua ade2 aje …ngapai diributin …jangan pade NATO orang kita cuma bs jago teori . Dah gini aje yang mau jalanin y jalanin kenape loe orang pade pusing yang kaga mau y udeh kaga ada paksaan …..loe yang mau cari pahala y udeh cari sebanyak2nye jangan pade gile…tanya aje sama guru ngaji loe n para habib jangan di forum loe pade ngoceh…bawa aje diri loe masing2….kalo loe pinter karena baca buku dan kaga tanya guru itu bahaya juga cing karena keyakinan orang dalam beribadah dan memeluk agama bukan karena penjelasan rasional yang ada dibuku tapi keyakinan hati yang merupakan hidayah dari allah cing…gw orang bodoh tapi ape yang gw yakinin dan gw baca dari buku n tanya2 ma guru dan habib itu yang akan gw jalanin…..hati2 cing sekarang banyak orang ngaku islam tapi hati kapitalis bisa dibilang agama bebas mengakui tuhan tapi kaga tau ape yang diakuinye…so bawa diri aje baik2 y

  3. semua niatan karena allah…….. insya allah semua ada balesannya cing jd ngak usah ragu niat dalem hati semua yang loe pade lakuin demi kebaikan lillahi ta’ala semata2 ingin dapet ridhonye aje dech..isya allah semua akn berbuah baik..loe mau ibadah aje pake itung2an ….ntar nafas loe di itung2 sama yang ngasih baru tau rasa loe….

  4. Rasulullah itu lebih sering puasa dibulan syaban,
    hadits diatas semuanya dhaif, lemah, sanadnya lemah, periwayatnya tidak dipercaya, suka berdusta dan ada yg masuk dalam golongan khawarij.
    tapi yg ingin puasa ya silahkan biar Allah yang membalasnya namun jangan berharap pahala seperti diatas karena status haditsnya…
    Wallahualam

  5. berarti kalau puasanya 8 hari yang dibukana pintu surga , dikabulkan permintaan yg puasa 5 hari dan ditutup neraka yg 7 hari juga diikutsretakan gak ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s