4S 5S jadi 4S 5K

Sejak kecil kita sudah tahu bahwa pola makan yang dianjurkan adalah 4 S 5S (4 sehat 5 sempurna). Tapi apakah seumur hidup kita selalu makan makanan yg 4 sehat 5 sempurna?Hayoo jujur.. πŸ˜‰ Tidak bisa dipungkiri bahwa yg sering kita makan adalah 4S 5K (4 selera 5 kenyang)! Yup, begitu kan? Kita makan sesuai selera n yg penting kenyang,hehehe..
Satu hal yang ingin saya bahas, yaitu ttg gorengan. Coba kita hitung berapa byk makanan yg masuk ke perut kita hasil goreng2an. Pag sarapan mie goreng, siang makan nasi goreng, dinner pake lauk ayam goreng, ngemil tahu goreng, tempe goreng sampe buah pun di goreng! Masya Allah. Eits..bener tuh buah juga telah menjadi korban gorengan, pernah makan pisang goreng?trus skrg juga ada nangka goreng. Yg parahnya sayur pun bisa digoreng, bayam goreng! Jadi pantas kalo minyak goreng jadi mahal, huahahaha πŸ˜€
Tapi begitulah kenyataannya..
Selain gorengan, yg sering kita jumpai adalah santan. Kata orang2 ini penyebab kolesterol, asam urat dsb. Tapi walo udah tahu, masih sering makan makanan yg mengandung santan. Maaf, apalagi sodara2 dari Sumatera Barat yg dari bangun tidur sampe mau tidur makanannya semua santan.
Mau sehat memang tidak mudah. Mesti makan makanan yg tidak sesuai selera trus olahraga n waktu istirahat teratur. Jaman gini orang byk milih yg praktis2 aja. FastFood udah menjamur, cafe ada dimana2, makanan siap saji ato sekedar bumbu masak siap pake bertaburan di pasar. Tentunya dengan bonus bahan2 pengawet n kimia. Jarang kali ya yg bener2 masak alami kyk jaman ortu kita dulu. Bahkan saya sendiri gak pandai masak dan memilih beli makanan jadi di luar(ups! ketahuan deh).
Jadi skrg lebih byk anak muda yg gampang sakit ato pun orang yg ngaku sehat tapi kesehatannya bermasalah πŸ™‚

Wallahu’alam

3 thoughts on “4S 5S jadi 4S 5K

  1. #aribowo
    hmmm…makan apa ya? cari makanan yg bisa menyeimbangkan ato menetralkan efek2 di atas πŸ™‚

    #Yari NK
    wah, boleh juga tuch πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s